in: Motherboard | April 24, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Gigabyte B360M AORUS Gaming 3

Kesimpulan

Sebagai sebuah motherboard Intel B360, produk dari Gigabyte yang satu ini memang didesain untuk kelas menengah dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar gamer, sembari menawarkan opsi prosesor Core 8th Gen. untuk penggunaan sehari-hari. Gigabyte B360M Aorus Gaming 3 datang menawarkan konsep ‘gaming’ yang berarti Gigabyte/Aorus akan berusaha juga menawarkan fitur-fitur untuk kalangan itu di motherboard ini. Motherboard ini sendiri tidak mengalami terlalu banyak perubahan dari pendahulunya Gigabyte B250M Gaming 3. Perubahan yang dilakukan lebih mengarah ke kosmetik, serta sedikit dari sisi tata letak komponen. Selain itu, satu hal yang juga menjadi pembeda motherboard ini dari pendahulunya adalah tersedianya 3 slot M.2. B360M Aorus Gaming 3 ini siap untuk mendukung koneksi wireless karena adanya slot M.2 E-key yang dapat dipasang module WIFI. Slot PCIe x16 pertama juga memiliki PCIe Armor, fitur yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya bending pada slot PCIe

Untuk sebuah motherboard B360 kami merasa bahwa konektivitas pada I/O Panel motherboard ini sudah cukup. Terdapat 1 konektor USB 3.1 Gen2 Type-A, 3 USB 3.1 Gen1, dan 2 buah USB 2.0 untuk peripheral seperti mouse dan keyboard. 3  buah slot M.2 juga tersedia pada motherboard ini, slot teratas dapat berjalan pada konfigurasi NVME PCIe Gen 3 x4, sedangakn 2 lainnya berjalan pada kecepatan PCIe x2 Gen 3. Motherboard ini juga memilkiki 6 buah port SATA III 6 Gbps yang sangat disayangkan tidak memliki posisi angle 90°.

Gigabyte B360M Aorus Gaming 3 ini memiliki VRM 6 phase dengan konfigurasi 4+2. Motherboard ini dapat dikatakan siap untuk bisa menjalankan seluruh prosesor Intel Core i 8th Gen baik seri K dan non-K. Namun sebagai motherboard ini B360 menurut kami lebih bijak bagi Anda menggunakan prosesor non-K pada motherboard ini. Sebaliknya, jika ingin menggunakan prosesor Seri K, sebaiknya Anda menggunakan Z370 karena benar-benar mendukung fitur yang tersedia di prosesor.

Tidak lupa juga Gigabtye/Aorus menyertakan fitur RGB Fusion pada motherboard ini. Meskipun hanya terdapat pada jalur isolasi audio. Fitur RGB Fusion ini masih dapat Anda gunakan jika Anda memasang LED RGB Strip pada RGB/RGBW header yang tersedia pada motherboard ini.

Akhir kata, Gigabyte B360M Aorus Gaming 3 ini menurut kami sudah menawarkan seluruh fitur essential yang diperlukan sebagai motherboard gaming dan juga motherboard yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Komponen yang digunakan pada motherboard ini juga sudah cukup untuk bisa menjalankan seluruh prosesor intel Core i 8th Gen. Motherboard ini dengan ukuran M-ATX juga masih bisa tetap memberikan 2 buah slot PCIe x16 dan juga 3 buah slot M.2. Kami hanya merasakan sedikit kekurangan pada sisi audio, dimana pada motherboard ini hanya menggunakan ALC892, kami merasa bahwa untuk sebuah motherboard yang bertemakan gaming dapat menggunakan ALC1220. Namun kekurangan ini juga tidak berarti apapun terhadap performa PC Anda.

 

Sistem Pengujian

  • Processor: Intel Core i5 8400
  • Graphics Card: GeForce GTX 1080 Founders Edition
  • Memory: 2x 4 GB HyperX Fury 3466 @ 2666 MHz
  • Storage: HyperX Fury 120GB
  • PSU: Corsair CX550M 550 Watt
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Display: AOC i2267F-Wh
  • Input: Generic Keyboard & Mouse
  • OS: Windows 10 1709 FCU Update
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES