in: Printer | April 23, 2018 | by: Friska Suryawinata

Hands-On Printer All-In-One Canon PIXMA TS8170

Walau mungkin sudah semakin jarang ada yang menggunakan printer sebagai kebutuhan pribadi, akan tetapi peran printer tetap maju dan turut berkembang terutama bagi mereka yang menggunakan printer sebagai perangkat bisnis investasi jangka panjang, baik bisnis rumahan, menengah, maupun kelas enterprise sekalipun. Printer masa kini pun juga semakin berkembang pesat, dengan menggunakan teknologi sekaligus fitur baru yang membuat hasil cetakan bisa menjadi lebih tajam.

Sekitar awal tahun 2018 ini, Canon baru saja memperkenalkan lini printer all-in-one terbaru mereka yang dinamakan PIXMA TS8170, dengan menggunakan sistem tinta 6 warna yang akan membuat hasil cetak foto menjadi lebih menarik. Tak hanya itu, printer ini juga dilengkapi dengan tinta Photo Blue yang bisa lebih mengurangi adanya pengurangan ketajaman warna pada cetak foto, terutama bintik-bintik yang terdapat pada gradasi warna cerah biru ke putih.

Desain dan Spesifikasi

Printer Canon PIXMA TS8170 memiliki dimensi standar 372 x 324 x 139mm, yang ketika paper tray diperpanjang akan mencapai dimensi 372 x 651 x 300mm, serta berbobot kira-kira 6,5 kg. Secara bentuk keseluruhannya, printer ini termasuk sedikit compact untuk kelas printer all-in-one, sehingga tidak akan mengalami masalah ketika ditempatkan pada ruang kerja yang sedikit sempit. Walau memang lebih disarankan untuk menaruh printer ini di sebuah meja khusus ketimbang di ruang yang terbatas. Untuk pilihan warnanya sendiri, Canon PIXMA TS8170 memiliki tiga varian yang terdiri dari warna putih, hitam, dan merah. Untuk uji coba kali ini, Jagat Review melakukan tes terhadap Canon PIXMA TS8170 berwarna merah, yang harus diakui terlihat cukup menarik dan terkesan lebih elegan.

Untuk operasinya, Canon PIXMA TS8170  dilengkapi dengan panel kontrol berdimensi 4,3 inch dengan jenis layar touch, serta tombol Power untuk ON/OFF yang berada di sebelah layar utama. Layar utamanya sendiri cukup responsif ketika digunakan, namun ketika kami mencobanya sendiri, panel membutuhkan sentuhan yang sedikit keras untuk bisa bekerja dengan baik. Panel layar kontrol ini sendiri bisa dinaikkan atau diturunkan, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Canon PIXMA TS8170 dilengkapi dengan dua buah paper tray + 1 tray khusus untuk mencetak cover CD. Paper tray input utama terletak di bagian belakang printer, di mana pengguna bisa memperpanjang tray tersebut atau menyimpannya tertutup rapi ketika tidak digunakan untuk mengurangi dimensi yang dimiliki oleh printer. Sementara paper tray kedua berada persis di bawah posisi kontrol panel utama.

Paper tray yang berlokasi di bagian belakang printer maupun yang berada di depan, mampu menampung sebanyak masing-masing maksimal 100 lembar kertas polos ukuran A4, A5, B5, dan Letter. Untuk kertas foto ukuran 4 x 6 inch, paper tray utama bisa menampung sebanyak 20 lembar kertas foto. Yang cukup menarik, paper tray utama ini juga bisa digunakan untuk menampung kertas ukuran kecil misalnya untuk mencetak kartu nama. Sayangnya, paper tray bagian depan tidak bisa digunakan untuk menampung kertas foto ukuran 4 x 6 inch, karena minimal ukuran kertas yang ditaruh pada tray ini dan terdeteksi oleh printer hanya ukuran A5 atau lebih. Untuk fungsi Print-nya sendiri, Canon PIXMA TS8170 juga mampu melakukan percetakan secara duplex atau bolak-balik halaman kertas.

Selain untuk mencetak di kertas polos biasa atau foto, Canon PIXMA TS8170 juga bisa digunakan untuk melakukan scan dan copy. Fitur Scan-nya sendiri merupakan tipe flatbed dengan Contact Image Sensor yang bisa memindai hingga resolusi 2400 x 4800 dpi, di mana flatbed ini hanya bisa memuat ukuran kertas maksimal A4 saja. Untuk fungsi Copy, printer Canon PIXMA TS8170 mampu melakukan fotokopi untuk ukuran kertas maksimal A4 atau Letter, dengan mampu melakukan Copy dalam monokrom maupun warna.

Untuk jaringannya, printer Canon PIXMA TS8170 bisa dihubungkan ke PC dengan menggunakan kabel USB yang tersedia, atau direct menggunakan fungsi Wireless. Konektivitas lain yang juga bisa digunakan lewat printer ini termasuk di antaranya dengan menggunakan fungsi Cloud, direct Wireless dengan kamera digital yang mendukung, atau lewat SD card yang bisa disematkan pada port yang tersedia di printer. Tak hanya itu, pengguna juga dengan mudah bisa menghubungkan printer dengan perangkat mobile seperti smartphone, yang terhubung dengan aplikasi Canon PRINT yang bisa diunduh di Android Play Store.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: