in: News | April 3, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Intel Optane dengan Prosesor Generasi ke-8 Kini Akselerasi Semua Drive

Intel kembali mengedepankan Optane Memory, system accelerator kreasi mereka, untuk mendorong performa Core 8th Gen., termasuk untuk jajaran mobile performance yang baru saja mereka umumkan. Namun, bukan Intel Optane Memory seperti sebelumnya yang mereka tawarkan. Intel Optane Memory kini mereka perbarui, dan mereka integrasikan ke dalam suatu paket “8th Gen Intel Core System Extension”.

8th Gen Intel Core System Extension

Melalui paket ini, Intel tampaknya ingin menekankan bahwa untuk merasakan performa terbaik dari sistem dengan basis Core 8th Gen., pengguna juga harus memperhatikan komponen lain dalam sistem, termasuk storage. Bila suatu sistem masih belum menggunakan SSD kencang berbasis PCIe NVMe, pengguna tidak akan merasakan performa terbaik yang bisa ditawarkan prosesor Core 8th Gen. Untuk itu, Intel mendorong adopsi Intel Optane Memory, untuk akselerasi storage lambat agar bisa mengimbangi performa prosesor baru mereka ini.

Logo Intel Core System Extension

Paket 8th Gen Intel Core System Extension, dengan logo khusus yang sudah mereka siapkan, akan menjadi penanda apakah suatu sistem yang akan dibeli benar-benar bisa memanfaatkan performa terbaik Core 8th Gen, dengan melibatkan Intel Optane Memory di dalamnya. Intel akan mendorong paket ini untuk sistem dengan basis prosesor Core i5, Core i5 vPro, Core i7, Core i7 vPro, serta Core i9. Namun, untuk penggunaan Intel Optane Memory, seluruh Core 8th Gen. sudah mendukungnya, baik di prosesor untuk desktop maupun mobile.

Tidak Lagi Hanya Akselerasi Boot Drive!

Hal yang menarik yang juga dihadirkan oleh Intel untuk Optane Memory adalah dukungan akselerasi untuk non-boot drive. Sebelumnya, hanya boot drive saja yang bisa diakselerasi dengan Intel Optane Memory, sehingga pengguna PC dengan SSD kencang untuk boot drive sudah tidak lagi bisa menggunakan accelerator ini untuk akselerasi storage lain dalam PC mereka. Kini, Intel Optane Memory diperbarui sehingga mendukung non-boot drive, sehingga pengguna pun bisa mengakselerasi storage lambat di PC mereka dengan memanfaatkan perangkat ini. Ini tentu saja menjadi suatu fungsi yang menarik bagi Intel Optane Memory, yang mungkin akan membantu memperluas penggunaan perangkat ini.

Tags: