in: News | April 3, 2018 | by: Chandra Wijaya

Intel Umumkan 3 Chipset dan 9 Prosesor Desktop Generasi Ke-8 “Coffee Lake”

Beberapa saat lalu, Intel mengumumkan update untuk platform desktop terbaru mereka, dengan basis prosesor Core 8th Gen. “Coffee Lake”. Intel merilis tiga chipset terbaru mereka untuk kelas consumer, yang merupakan alternatif yang lebih murah dari chipset Intel Z370. Ketiga chipset yang baru dirilis Intel tersebut adalah H370, B360, dan H310 yang mendukung penuh seluruh lini processor Intel CoreĀ  8th Gen untuk desktop. Hadirnya ketiga chipset baru dari Intel ini menandai akhir penantian yang cukup lama bagi peminat prosesor Coffee Lake yang tidak ingin mengeluarkan dana lebih untuk membeli motherboard dengan chipset Z370, di mana mereka mungkin tidak butuh fitur yang ditawarkan oleh chipset tersebut.

Tiga Chipset Baru untuk Coffee Lake Desktop

Ketiga chipset ini memiliki karakter yang hampir sama dengan pendahulunya dari generasi sebelumnya. Chipset H370 memiliki sebagian besar fitur dari Z370 di mana perbedaan hanya terletak di tidak adanya CPU overclocking support, limitasi memori DDR4-2666 untuk Core i5 dan Core i7, serta PCIe Segmentation untuk multi-GPU dengan hanya menawarkan 20 PCIe 3.0 Lane. Kemudian untuk B360, yang dipangkas dari H370 adalah beberapa opsi konektivitas, seperti untuk USB 3.1, serta jumlah PCIe 3.0 lane yang lebih sedikit, yaitu 12 lane. Terakhir, untuk chipset H310, Intel juga hanya memberikan 6 lane PCIe 2.0, serta mengurangi lane High Speed I/O, port USB 3.1, dan menghilangkan dukungan untuk Intel Optane.

Berikut ini tabel komparasi fitur ketiga chipset baru yang ditawarkan Intel untuk platform Coffee Lake di desktop tersebut.

*klik untuk memperbesar

Selain H370, B360, dan H310, terdapat juga chipset baru yang disebut sebagai Q370. Chipset ini bukan ditujukan untuk motherboard consumer, tetapi untuk OEM produk kelas bisnis. Fitur dari chipset Q370 ini sangatlah identik dengan Z370, sedikit di atas yang ditawarkan H370. Namun, chipset ini juga tidak mendukung overclocking dan disiapkan untuk mendukung prosesor dengan fitur Intel vPro.

Deretan Prosesor Coffee Lake Desktop Baru

Tiga chipset baru untuk Coffee Lake desktop juga datang bersamaan dengan beberapa prosesor Coffee Lake desktop baru. Jajaran prosesor gelombang kedua dari lini Coffee Lake desktop ini akan memperluas cakupan untuk memenuhui berbagai kebutuhan pengguna dari kalangan yang berbeda. Lini prosesor Coffee Lake gelombang kedua ini terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu standard power dan low power, atau yang biasa dikenal sebagai T Series. Berikut ini daftar prosesor Core 8th Gen. Coffee Lake desktop baru yang diumumkan Intel:

*klik untuk memperbesar

Hadirnya tiga chipset dan sembilan prosesor baru tersebut diharapkan membuat Coffee Lake makin diminati oleh berbagai kalangan, terlebih lagi dengan adanya kemungkinan munculnya motherboard dengan harga yang lebih terjangkau. Tentu saja, harapan kami pun demikian, agar makin banyak orang bisa merasakan kemampuan dari Coffee Lake desktop ini. Satu hal yang menarik, tentunya dengan hadirnya chipset baru ini, akan muncul deretan motherboard baru yang siap menangani prosesor Coffee Lake. Mari kita tunggu saja pengumuman resmi produsen untuk jajaran motherboard baru mereka!

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES