in: News | April 28, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Kunjungan Headquarter FSP: Beginilah Suasana Laboratorium Uji Produk FSP

Sudah menyimak hasil penelusuran kami di laboratorium Security Regulation Departments milik FSP? Setelah kami cukup puas mengintip dan dijelaskan secara rinci tentang regulasi keamanan produk FSP, para awak media yang diundang oleh FSP Group di kantor pusatnya kembali berkeliling ke salah satu laboratorium FSP lainnya, yaitu laboratorium uji produk. Melalui laboratorium ini, FSP ingin menunjukkan bahwa tiap produk yang dihasilkan harus berkualitas hingga sampai ke tangan para penggunanya.

Di laboratorium ini, berbagai hal diuji oleh FSP, baik itu komponen yang digunakan untuk menyusun suatu produk maupun produk jadi mereka. Berdasarkan apa yang disampaikan oleh pihak FSP, hal ini dilakukan untuk memastikan produk mereka bisa berfungsi dengan baik di berbagai kondisi dan tentunya aman untuk digunakan.

Sebelum merakit komponen-komponen ke suatu produk jadi, melalui laboratorium ini FSP terlebih dahulu harus melakukan beberapa pengujian agar komponen-komponen tersebut memang layak untuk digunakan. Seperti misalnya pengujian radiasi pada ruangan lab FSP bernama EMI Test.

Antena khusus yang sangat sensitif dan dapat menangkap sinyal radiasi atau gangguan apapun.

Lab EMI Test ini memiliki ruangan khusus dengan pintu besi yang sangat tebal. Di dalam ruangan khusus ini terdapat sebuah antena yang sangat sensitif dan dapat menangkap radiasi atau gangguan apapun yang mungkin saja bisa dipancarkan oleh PSU.

Tim penguji sedang melakukan pengujian menggunakan mesin Chroma 8000

Beralih dari ruang EMI Test ke ruang uji produk FSP lainnya. Ruang yang kami kunjungi memiliki ukuran yang cukup besar. Ada berbagai mesin-mesin pengujian dengan ukuran yang cukup besar, seperti salah satunya adalah mesin yang bernama Chroma 8000. Mesin yang memiliki ruangan “Open Door Temperatur Control” ini untuk menguji PSU ini bisa menghasilkan suhu cukup ekstrim mulai dari -30 derajat celcius hingga +80 derajat celcius. Seperti yang sudah ditekankan oleh pihak FSP, produk-produk PSU yang dihasilkan memang harus bisa tahan dalam kondisi cuaca yang mungkin cukup ekstrim di beberapa negara.

Pengujian grounding dan kebocoran komponan pada PSU
Tim penguji FSP sedang melakukan pengujian komponen-komponen PSU yang berfungsi normal
Mesin khusus untuk HALT

FSP juga memiliki mesin khusus untuk HALT. Mesin ini digunakan untuk melakukan simulasi dengan memaksa PSU berada dalam kondisi ekstrim lainnya, mulai dari pengaruh suhu, getaran dan fluktuasi tegangan input.

PSU yang tentunya dirancang dengan dilengkapi sebuah kipas, tak luput dari pengujian FSP. Melalui ruangan khusus kedap suara, tim penguji FSP melakukan pengujian suara yang dihasilkan oleh kipas pada PSU yang digunakan. Kipas tersebut harus menghasilkan suara yang sesuai dengan tingkat batas kebisingan.

Seperti yang sudah ditekankan oleh pihak FSP, pentingnya laboratorium uji produk ini adalah untuk memastikan apakah produk mereka dapat berfungsi dengan baik. FSP sendiri telah memasarkan produk-produknya di beberapa negara yang memiliki suhu dan temperatur cuaca yang berbeda. Oleh sebab itu, laboratorium uji produk ini sangat penting untuk melakukan berbagai simulasi pengujian di berbagai kondisi penggunaan, sehingga produk berkualitas tinggi dari FSP bisa digunakan oleh penggunanya.

Tags:

Share This: