in: News | April 24, 2018 | by: Tim Jagat Review

Microsoft Siapkan Windows 10 S Baru?

Hingga saat ini, Windows 10 merupakan operasi sistem terbaru dari Microsoft, yang selalu diperbarui Microsoft dengan menghadirkan update besar setiap beberapa bulan sekali. Microsoft dikabarkan tengah menggarap update Windows 10 Redstone 5, update besar untuk pertengahan tahun 2018 ini. Namun, bukan hanya update itu saja, kali ini Microsoft juga disebut akan menyiapkan varian baru dari Windows 10 S (S Mode).

Kabar ini muncul Tweet dari akun Twitter Lucas, salah satu insider terkenal. Dia dikabarkan telah mendapat sample varian Windows 10 terbaru dengan kode “Windows 10 Lean”. Kode ini disebut merujuk pada varian Windows 10 S terbaru yang akan hadir di Windows 10 build 17650 nanti.

Windows 10 Lean ini membutuhkan media penyimpanan 2 GB lebih kecil dibandingkan Windows 10 Pro Edition. Hal ini dikarenakan Microsoft telah menghilangkan beberapa fungsi inti dan berbagai fitur di Windows 10, salah satunya adalah untuk penggantian wallpaper. Selain itu, tidak ada juga beberapa tool pengguna tingkat lanjut, seperti Registry Editor (regedit).

Berbeda dengan Windows 10 S sebelumnya, varian terbaru ini disebut memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi Win32. Sebelumnya, aplikasi yang bisa dijalankan haruslah merupakan aplikasi yang didapatkan dari Windows Store. Selain itu disebut juga pengguna bisa menjalankan perintah di Command Prompt di Windows 10 S baru ini. Beragam fitur seperti Microsoft Cortana, Microsoft Edge, dan Windows Media Player pun bisa digunakan tanpa batasan.

Bila kabar ini benar, Windows 10 S terbaru ini tampaknya akan jadi jawaban Microsoft untuk kebutuhan akan sistem operasi yang lebih mumpuni untuk PC dengan spesifikasi rendah, lebih baik dari Windows 10 S yang mereka tawarkan saat ini. Windows 10 S saat ini memang kurang diminati karena adanya beberapa batasan. Bisa jadi, tanpa adanya batasan tersebut, sistem operasi tersebut akan jadi lebih menarik.

Sumber

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES