in: News | April 13, 2018 | by: Dian Syarifuddin

ProGrade Pamer Kartu Memory CFExpress Berkapasitas 1 TB

Bagi para fotografer atau videografer profesional mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama brand yang satu ini. ProGrade Digital yang merupakan perusahaan penyedia kartu memory ini didirikan oleh hampir sebagian besar mantan personel dari Lexar. Pada Maret lalu, ProGrade Digital memutuskan akan menghadirkan produk kartu memory baru yang mengadopsi standar CFExpress, dan akhirnya kartu memory tersebut resmi dipamerkan.

Sekilas mengenai standar CFExpress sendiri, standarisasi yang dibentuk oleh CompactFlash Association (CFA) ini merupakan generasi penerus dari standar XQD. Standar CFExpress ini memanfaatkan jalur PCIe dan sudah didukung teknologi NVMe (Non Volatile Memory Express) sehingga kecepatannya dijamin dua kali lebih cepat dibanding standar XQD.

Debut dari kartu CFExpress ini langsung dipersembahkan oleh Wes Brewer, selaku CEO ProGrade Digital dan Mark Lewis selaku VP of Marketing ProGrade Digital di Las Vegas, Amerika Serikat. Kartu CFExpress yang memiliki form factor Type B ini menawarkan kecepatan Read mencapai 1400 MB/s dan 1000 MB/s untuk Write. Kemampuan yang dimiliki kartu CFExpress ini tiga kali lebih cepat dari kartu memory CFast dan empat kali lipat dari kartu memory SDXC UHS-II.

“Kami sangat senang telah bekerja dalam CFA dengan kehadiran kartu memory yang mengadopsi standar CFExpress ini. Kartu ini tentunya akan menjadi sebuah terobosan baru bagi para profesional yang ingin melakukan pengambilan gambar dalam resolusi serta bit rate yang lebih tinggi daru sebelumnya melalui berbagai perangkat yang tentunya sudah mendukung penggunaan kartu memory ini”, ujar Brewer.

Sayangnya pihak ProGrade Digital belum memberikan keterangan kapan kartu memory CFExpress miliknya ini hadir di pasaran. Selain itu, perangkat pendukung untuk kartu ini juga belum tersedia. Namun untuk perangkat yang bisa menggunakan kartu dengan standar XQD kabarnya dapat menggunakan kartu CFExpress ini hanya dengan melakukan update firmware.

CFexpress 1.0 Demonstrated Technology Key Features:

Industry-leading speeds

  • Greater than 1,400MB/second read
  • Greater than 1,000MB/second burst write
  • CFexpress Type B format factor with two lanes of PCIe and NVM Express support
  • XQD form factor interoperability
  • Dimensions: 29.6 mm x 38.5 mm x 3.8 mm
Tags: