in: News | April 3, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Resmi! Intel Umumkan Core i7 dan Core i9 “Coffee Lake” Terkencang untuk Laptop

Coffee Lake, arsitektur terbaru Intel untuk prosesor mereka, akhirnya hadir juga untuk laptop! Baru saja, Intel resmi memperkenalkan lini Core 8th Gen. untuk perangkat mobile kelas performance, yang mereka sebut sebagai performance powerhouse, menandakan kemampuan tinggi yang diusungnya. Sebelumnya, Intel memang telah merilis prosesor mobile Core 8th Gen., tetapi merupakan prosesor Kaby Lake R yang ditujukan untuk mobilitas tinggi, U Series. Kini, Core 8th. Gen yang hadir akan ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang benar-benar membutuhkan kemampuan tertinggi dari prosesor di era saat ini, seperti untuk gamer.

Performance Powerhouse: Kini Hadir dengan Hexa Core!

Intel tidak sembarangan menyebut jajaran prosesor mereka ini sebagai performance powerhouse untuk perangkat mobile. Sebutan ini tampaknya didasari oleh spesifikasi tinggi yang diusung oleh prosesor-prosesor baru tersebut, di mana untuk beberapa prosesor di kelas tertinggi, Intel menawarkan konfigurasi hexa-core dengan fitur Hyper Threading, mirip seperti apa yang mereka tawarkan di desktop untuk Core 8th Gen. Ini tentunya akan membawa peningkatan performa yang signifikan untuk laptop yang akan hadir dalam waktu dekat ini, bila dibandingkan dengan produk dari generasi sebelumnya.

Sebagai ujung tombak di kelas tertinggi, Intel akhirnya membawa nama Core i9 ke ranah perangkat mobile, yaitu dengan Core i9-8950HK. Sedikit di bawahnya, terdapat juga Core i7-8850H dan Core i7-8750H. Ketiga prosesor ini hadir sebagai prosesor hexa-core, dengan TDP 45 Watt.

Selain itu, Intel juga menawarkan dua Xeon untuk mobile workstation dengan basis Coffee Lake, yaitu Xeon E-2186M dan Xeon E-2176M, yang juga mengusung konfigurasi hexa-core dengan Hyper Threading. Ada pula dua prosesor Core i5, dengan konfigurasi quad-core dengan Hyper Threading. Seluruh prosesor baru ini hadir dengan dukungan RAM DDR4-2666.

*klik untuk memperbesar

Clock Tinggi dengan Optimasi Arsitektur, Desain, dan Fabrikasi

Satu hal menarik yang bisa dilihat dari spesifikasi Core 8th Gen. untuk perangkat mobile yang baru saja diumumkan Intel ini, jajaran prosesor tersebut, terutama untuk Xeon E, Core i7, dan Core i9, menawarkan turbo clock yang tinggi. Bahkan, Core i9-8950HK bisa mencapai 4.8 GHz untuk turbo single core. Intel menyebutkan bahwa fitur yang disebut sebagai Thermal Velocity Boost ini dimungkinkan berkat optimasi fabrikasi 14nm memanfaatkan proses produksi terbaru. Dikombinasikan dengan arsitektur Coffee Lake dan desain chip mereka, Intel berhasil menghadirkan prosesor mobile yang menawarkan performa tinggi, dengan hexa-core & 12-thread, serta menawarkan clock tinggi yang menjamin performa tinggi untuk berbagai kebutuhan, termasuk gaming dan content creation, di perangkat mobile.

Tags: