in: Desktop - Highlights | April 23, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review PC Desktop AMD Ryzen: Acer Aspire GX-281-UR13

The Desktop

Desain casing Acer Aspire GX-281-UR13 tampak elegan dengan tema futuristik yang memadukan warna gelap dan elemen warna cerah yang kontras pada komponen tertentu. Sistem desktop ini memiliki ukuran casing sebesar 17,5 x 46,3 x 39,8 cm. Casing Acer Aspire GX-281-UR13 dirancang untuk motherboard dengan form factor micro ATX sehingga tidak aneh jika ukurannya tidak sebesar casing konvensional untuk motherboard ATX.

Panel samping kiri Acer Aspire GX-281-UR13 tampak telah dilengkapi lubang-lubang ventilasi tempat mengalirnya udara segar ke dalam casing.

Pada sisi depan dapat ditemukan konektor seperti 1X Type-C USB 3.1 Gen 1, 1X USB 3.1 Gen 1, headphone jackmicrophone jack, dan memory card reader untuk SD Card.

Acer Aspire GX-281-UR13 tetap menyertakan perangkat optical drive tipe DVD Writer. Tampak Acer menggunakan slim optical drive seperti digunakan pada laptop.

Pada sisi depan Acer Aspire GX-281-UR13, terdapat ornamen dengan lapisan chrome yang membentuk huruf V yang akan memancarkan warna merah saat sistem dalam keadaan menyala.

Salah satu daya tarik yang ditawarkan Acer Aspire GX-281-UR13 adalah adanya wireless charging pad pada sisi atas depan casing yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian daya listrik pada perangkat seperti smartphone. Teknologi wireless charging yang didukung Acer Aspire GX-281-UR13 adalah Qi. Di area ini juga dapat ditemukan tombol Power On/Off dan lampu indikator sistem dalam keadaan menyala atau tidak. Sayang sekali tidak ditemukan tombol Reset pada casing ini.

Pada sisi belakang Acer Aspire GX-281-UR13 dapat ditemukan konektor seperti 4X USB 2.0 (hitam), 2X USB 3.1 Gen 1 (merah), 1X RJ45, dan 5.1-channel audio jack. Sementara Radeon RX 480 yang digunakan Acer Aspire GX-281-UR13 menyediakan konektor display 3X Display Port 1.4 dan 1X HDMI 2.0. Graphics card tersebut mendukung konfigurasi multi-display Eyefinity dengan menggunakan maksimal enam buah monitor.

Pada sisi belakang juga dapat ditemukan antena Wi-Fi dan Bluetooth yang ditutupi kotak plastik hitam.

Cukup disayangkan casing Acer Aspire GX-281-UR13 masih menggunakan baut konvensional untuk mengunci panel samping sehingga dibutuhkan obeng untuk membukanya. Sayangnya lagi, hanya pada satu sisi saja pengguna dapat membukan panel samping casing sementara sisi satunya tidak dapat dibuka sama sekali. Terlihat sisi satunya tidak memiliki bagian yang dapat dilepas dan dipasang dengan menggunakan pakeu keling.

Penampilan sisi dalam casing Acer Aspire GX-281-UR13. Tampak kabel power supply tidak memiliki lapisan pembungkus sehingga menimbulkan kesan kurang rapi. Meskipun masih terlihat agak berantakan, penempatan kabel sudah tergolong baik dengan tidak dijumpainya kabel yang menghalangi aliran udara ke sistem pendingin. Terlebih dengan sisi di belakang motherboard yang tidak dapat dibuka sehingga lebih menyulitkan saat mengatur dan menyembunyikan kabel yang bersliweran.

HSF pada Acer Aspire GX-281-UR13 yang digunakan untuk menjinakkan panas yang dihasilkan Ryzen 7 1700X. HSF ini sebenarnya merupakan stock cooler yang biasa didapatkan saat membeli prosesor AMD model tertentu. HSF ini terdiri dari baseplate dan heatpipe yang terbuat dari bahan tembaga yang dipadukan dengan sirip-sirip heatsink dari bahan alumunium. Meskipun HSF ini masih memiliki kemampuan mumpuni untuk menjinakkan panas Ryzen 7 1700X, kami sebenarnya mengharapkan penggunaan pendingin yang lebih “serius” mengingat kelas prosesor yang digunakan. Tampak pula komponen-komponen VRM dibiarkan “telanjang” tanpa tambahan heatsink untuk membantu pendinginan.

Motherboard yang digunakan Acer Aspire GX-281-UR13 menyediakan empat slot memori/RAM tipe DDR4 yang mendukung kapasitas hingga 64 GB.

Acer Aspire GX-281-UR13 dilengkapi satu kipas untuk membuang udara panas ke arah belakang, dari dalam menuju luar casing. Sayangnya meskipun dilengkapi kipas untuk membuang, kami tidak menemukan sama sekali kipas casing untuk memasukkan udara dari luar. Udara ditarik dari luar casing hanya mengandalkan kipas prosesor dan graphics card.

Komponen graphics card pada Acer Aspire GX-281-UR13 dilengkapi kaki penyangga membuat posisi RX 480 selalu tetap bahkan saat PC sedang dipindahkan dengan kendaraan. Kaki penyangga juga membuat distribusi beban saat menopang graphics card mejadi lebih baik.

 

Acer Aspire GX-281-UR13 menggunakan graphics card reference Radeon RX 480. Menariknya, penggunaan RX 480 seperti ini membuat udara panas dari graphics card dapat dibuang langsung keluar casing sehingga tidak terjadi penumpukan udara panas di dalam. Untuk backplate graphics card, memang tidak disertakan pada RX 480 reference.

Radeon RX 480 pada Acer Aspire GX-281-UR13 tetap mengandalkan pasokan daya melalui satu konektor PCIe 6-pin yang menandakan graphics card ini siap menerima pasokan daya hingga 150 Watt.

Mekanisme pengunci graphics card. Tampak graphics card tidak hanya dipasang dan dikunci posisinya dengan menggunakan baut tetapi juga penahan tambahan yang merupakan bagian dari casing.

Acer Aspire GX-281-UR13 mengandalkan power supply buatan Lite-On yang mampu memasok daya listrik hingga 500 Watt ke seluruh komponen. Power supply tersebut telah mengantongi sertifikasi 80 Plus Bronze.

Kipas pendingin power supply diposisikan menghadap ke belakang.

Motherboard yang digunakan Acer Aspire GX-281-UR13 tampak hanya memiliki satu slot PCIe x16. Memasang kartu ekspansi lain (sound card, network card) dipastikan tidak memungkinkan mengingat slot PCIe tersebut harus digunakan untuk graphics card. Tampak disebelah slot PCIe x16 komponen wireless card Intel Dual Band Wireless-AC 7265 yang menyediakan konektivitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.2.

Motherboard yang digunakan Acer Aspire GX-281-UR13 tampak menyediakan empat konektor SATA III 6 Gbps dengan dua buah sudah digunakan untuk HDD dan optical drive.

Motherboard yang digunakan Acer Aspire GX-281-UR13 menyediakan satu slot M.2 di sebelah konektor daya 24-pin yang mendukung SSD PCIe dan SATA. Acer Aspire GX-281-UR13 dilengkapi SSD PCIe NVMe Intel 600p (Intel SSDPEKKW256G7) dengan kapasitas 256 GB.

Casing Acer Aspire GX-281-UR13 menempatkan komponen HDD 3,5 inci buatan Toshiba pada posisi vertikal. Kami menjumpai lubang baut untuk menempatkan HDD kedua meskipun tampaknya sulit dilakukan saat menggunakan graphics card dengan bodi panjang.

Kami juga menjumpai lubang baut tambahan untuk memasang optical drive kedua pada Acer Aspire GX-281-UR13.

Acer menyertakan keyboard dan mouse wireless pada paket penjualan Acer Aspire GX-281-UR13.

Untunglah keyboard dan mouse wireless yang disertakan cukup menggunakan satu receiver saja sehingga tidak menghabiskan port USB yang ada.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES