in: Storage Devices | April 19, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: SSD WD Black M.2 PCIe 512 GB

Seperti kita ketahui, WD Black merupakan salah satu varian produk storage dari WD (Western Digital) yang ditujukan untuk sistem PC berkinerja tinggi, seperti PC gaming. Sebagai storage yang ditujukan untuk kalangan consumer, rasanya tentu tidak lengkap jika WD tidak menghadirkan storage varian ini dalam model lain, yakni berbasiskan SSD (Solid State Drive).

Setelah resmi mengakuisisi SanDisk, WD memang langsung bergerak cepat dengan menghadirkan SSD dengan meluncurkan dua varian SSD sekaligus, yaitu WD Green dan Blue, tepatnya pada kuartal akhir 2016. Selang beberapa bulan kemudian, awal 2017, WD turut mengincar pasar SSD berteknologikan NVMe (Non Volatie Memory Express) yang masuk ke dalam varian WD Black. SSD ini hadir dalam form factor M.2 2280. SSD ini mungkin juga bisa dikatakan sebagai SSD NVMe pertama yang dimiliki oleh WD. Ingin tahu lebih jauh tentang SSD berkinerja tinggi dari WD ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Kemasan tampak depan
Kemasan tampak belakang
Kelengkapan paket penjualannya sangat sederhana, hanya tersedia unit SSD saja di dalam kemasan.

SSD WD Black M.2 NVMe 512GB

Kehadiran SSD WD Black dengan mengusung teknologi NVMe ini merupakan bukti keseriusan WD dalam menghadapi persaingan pasar SSD yang sudah semakin ketat. SSD WD Black dengan form factor M.2 2280 ini memiliki desain single sided, yang mana hanya satu sisi saja yang terpasang komponen-komponen penting dari SSD ini mulai dari DRAM, NAND dan kontroler.  

Sebagai varian yang dikenal memiliki performa tinggi, sang produsen merancang SSD WD Black ini dengan menawarkan kinerja tinggi. Dibekali dengan kontroler Marvell 88SS1093 dan dipadankan dengan NAND tipe planar TLC SanDisk 15nm, SSD WD Black berkapasitas 512 GB yang mampir di meja pengujian kami ini diklaim mampu menyajikan kecepatan sequential Read hingga 2050 MB/s dan 800 MB/s untuk sequential Write.  Kemampuan tersebut juga berkat penggunaan interface PCIe Gen 3.0 x4 yang diadopsi oleh SSD WD Black ini.

SSD WD Black PCIe tersedia dalam dua pilihan kapasitas, antaranya 256 GB dan 512 GB. Untuk yang berkapasitas 512 GB diklaim memiliki daya tahan hingga 160 TBW serta MTBF 1.75 juta jam.  Sudah mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami lakukan pada SSD WD Black yang memiliki masa garansi selama 5 tahun ini? Berikut hasil pengujian yang kami peroleh pada SSD WD Black 512 GB ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: