in: Storage Devices | April 19, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: SSD WD Black M.2 PCIe 512 GB

Platform Pengujian SSD WD Black M.2 PCIe 512 GB

  • Prosesor Intel Core i7 7700
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120

  • Motherboard Z270
  • RAM DDR4 16GB (4x 4GB)
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair CX550M 550 watt

  • Windows 10

Pengujian

Pada sesi pengujian SSD WD Black M.2 PCIe ini seperti biasa kami menggunakan beberapa software sintetis untuk mengetahui performa yang ditawarkan SSD ini, serta pengujian real life dengan melakukan tes transfer file besar dan kecil yang masing-masing berkapasitas 6 GB. Kami sertakan juga hasil pengujian dua buah SSD berteknologi NVMe lainnya hanya semata-mata sebagai pembanding saja. Dan berikut adalah hasil pengujian dari SSD WD Black M.2 PCIe berkapasitas 512 GB.

HD Tune

Melalui pengujian menggunakan HD Tune, SSD WD Black M.2 PCIe menawarkan kecepatan maximum Reade sekitar 891 MB/s dan 785 MB/s untuk maximum Write. Sayangnya, performa maximum Read yang ditawarkan SSD ini kalah tinggi dengan SSD dari Plextor M8Pe NVMe yang berkapasitas 128 GB.

CrystalDisk Mark

Pada hasil pengujian melalui CrystalDisk Mark, SSD WD Black M.2 PCIe ini menawarkan kecepatan sequential Read hanya mencapai 1169 MB/s. Sangat jauh jika dibandingkan dengan performa yang diklaim oleh pihak WD yang mencapai hingga 2050 MB/s. Sedangkan kecepatan sequential Write yang ditawarkan mencapai 810 MB/s.

PC Mark 8

Skor yang ditampilkan SSD WD Black M.2 PCIe melalui pengujian PC Mark 8 hanya mencapai 5017. Skor bandwidth yang dihasilkan hanya mencapai 348.86 MB/s.

ATTODisk Benchmark

Sama seperti hasil pengujian melalui CrystalDisk Mark, pada pengujian sintetis lain melalui ATTODisk Benchmark, kecepatan Read yang ditawarkan WD Black M.2 PCIe juga tidak menyentuh hingga ke angka 2000 MB/s. Sedangkan kecepatan Write mampu mencapai performa yang diklaim oleh WD, yakni 800 MB/s.

Tes Transfer File 6 GB

Kini memasuki pengujian real life dimana kami melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB. Terlihat kemampuan transfer yang ditawarkan SSD WD Black M.2 PCIe ini ternyata cukup baik. Dengan hasil ini tentunya SSD ini sanggup untuk meningkatkan performa pada sebuah sistem PC, terutama pada PC gaming.

SUHU

Kami pun turut melakukan pengujian suhu pada SSD WD Black M.2 PCIe ini. Pada skenario pengujian suhu ini kami menjalankan software sintetis CrystalDisk Mark. Pada kamera thermal imaging yang kami gunakan telah menangkap suhu mencapai 96.8 derajat C. Perlu kami ingatkan kembali bahwa hasil pengujian suhu yang kami peroleh ini mensimulasikan skenario terburuk. Jadi dalam kondisi penggunaan normal (harian), kecil kemungkinan SSD akan bekerja di temperatur setinggi ini terus-menerus.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES