in: Storage Devices | April 19, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: SSD WD Black M.2 PCIe 512 GB

Kesimpulan

 

Satu lagi produk SSD dari WD yang menandakan sebagai bukti bahwa WD benar-benar serius dalam menghadapi persaingan SSD yang sudah semakin ketat di pasaran. Produk WD Black Series biasanya dikenal sebagai salah satu seri yang menawarkan performa tinggi. Oleh karenanya WD pun menghadirkan varian SSD pada WD Black Series ini yang tentunya juga menawarkan performa tinggi serta didukung pula oleh teknologi NVMe.

Secara keseluruhan, SSD WD Black ini sebenarnya menawarkan performa Read/Write yang cukup tinggi. Melalui performa yang ditawarkan hampir dipastikan kalau SSD ini akan sangat mampu mendongkrak performa sistem PC, baik itu PC desktop atau laptop yang mendukung interface M.2 PCIe. Sayangnya performa yang ditawarkan SSD WD pertama berteknologikan NVMe ini, kurang begitu memuaskan setelah kami melakukan beberapa pengujian. Hal tersebut mungkin dikarenakan penggunaan chip NAND planar TLC SanDisk 15nm yang merupakan teknologi generasi terdahulu. Terlebih lagi, beberapa produsen SSD saat ini sudah mulai menawarkan SSD yang mengusung teknologi NVMe dengan chip TLC 3D NAND yang diklaim menawarkan teknologi lebih baru.

SSD WD Black M.2 PCIe ini ditawarkan oleh sang produsen hanya tersedia dalam dua varian kapasitas, di antaranya 256 GB dan 512 GB. Dilihat dari paket penjualannya mungkin memang sangat minim. Namun melalui website pribadinya, WD menyediakan beberapa dukung software yang dapat diunduh secara gratis, mulai dari WD SSD Dashboard dan Acronis True Image WD Edition Software. Untuk WD Black M.2 PCIe berkapasitas 512 GB ini, WD membanderolnya dengan harga sekitar Rp. 3.190.000 dan memiliki garansi selama 5 tahun. Untuk harga yang ditawarkan tersebut, kami mengharapkan performa serta rating TBW yang lebih tinggi. Kami melihat ada SSD NVMe lain dikapasitas yang sama, menawarkan performa dan rating TBW lebih baik dengan harga tidak setinggi WD Black M.2 PCIe ini.

Kelebihan:

  • Dukungan software lengkap
  • Garansi 5 tahun

Kekurangan:

  • Performa kurang memuaskan
  • Rating TBW rendah di kelas SSD yang sama

Data Teknis

Produsen Western Digital
Info http://www.wdc.com
Harga Rp. 3.190.000
Distributor Astrindo Senayasa & WPG Indonesia
Garansi 5 Tahun
MTBF 1.75  juta jam
Kapasitas 512 GB
Interface M.2 PCIe

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES