in: Display - Highlights | May 18, 2018 | by: Dian Syarifuddin

5 Alasan Melirik Monitor 4K HDR10!

Jika Anda cukup aktif dalam memantau perkembangan monitor, dalam tahun terakhir ini tampaknya sudah banyak pabrikan monitor mulai menawarkan monitor LCD/LED yang memiliki kemampuan resolusi 4K. Kebanyakan orang mungkin saat ini masih akrab dengan resolusi Full HD 1080p (1920×1080) yang sudah dianggap mampu menawarkan kualitas warna yang jernih. Akan tetapi, resolusi 4K (3840×2160) yang kita kenal sebagai UHD (Ultra High Definition) dianggap mampu menawarkan kualitas warna dengan komposisi yang jauh lebih baik dibanding resolusi Full HD. Seiring perkembangan teknologi monitor, kini para produsen mulai berinovasi dengan menawarkan monitor beresolusi 4K yang dilengkapi dengan fitur HDR. Lalu, apa itu HDR? Apa sajakah keunggulan dari fitur tersebut? Berikut kami uraikan secara singkat mengenai fitur HDR pada monitor.

Apa itu HDR?

High Dynamic Range atau bisa disingkat dengan HDR, merupakan teknologi yang memiliki standar rentang warna DCI-P3. Cara kerja dari fitur HDR pada sebuah monitor terletak pada proses bit pada panel untuk meningkatkan rasio kontras dan warna secara signifikan. Sehingga fitur HDR ini menjanjikan dapat menampilkan tampilan gambar dengan tingkat akurasi warna yang tepat dan lebih natural. Warna yang dihasilkan oleh monitor 4K dengan fitur HDR juga biasanya akan terasa lebih cerah dan dalam, jika dibandingkan dengan monitor non HDR secara berdampingan. Perkembangan HDR sendiri saat ini sudah sampai ke HDR12. Akan tetapi, peningkatan HDR12 dengan HDR10 tidak terlalu signifikan, sehingga HDR10 saat ini masih menjadi standar untuk sebuah perangkat yang mendukung teknologi tersebut.

Lantas, kapan saatnya Anda membutuhkan monitor 4K dengan dukungan fitur HDR? Berikut kami mencoba merangkum 5 alasan mengapa saatnya Anda harus melirik monitor 4K dengan fitur HDR di era perkembangan teknologi saat ini!

Banyak Film Dukung HDR

Beberapa layanan video streaming yang memiliki konten video 4K sudah mulai ditawarkan oleh beberapa produsen video streaming seperti YouTube dan Netflix. Bagi Anda pecinta film, monitor dengan resolusi 4K serta adanya dukungan fitur HDR tentu akan menjadi sebuah kewajiban untuk memilikinya.

 

Berbicara soal HDR, gambar yang ditampilkan bukan hanya soal tingkat rasio dan warna yang meningkat secara signifikan. Fitur HDR juga bisa dikatakan mampu menampilkan kualitas gambar dengan komposisi warna yang lebih natural dan salah satu contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas. Dalam komposisi pencahayaan seperti gambar di atas menunjukan gambar yang sesuai dengan kondisi ruangan tersebut. Terlihat bagaimana perbedaan tampilan gambar yang tersaji saat fitur HDR diaktifkan, warna yang disajikan menjadi lebih natural. Keuntungan dari monitor yang sudah memiliki resolusi 4K dan HDR juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang berkecimpung di dunia video editor atau 3D graphics editor, yang tentunya akan sangat mengandalkan monitor dengan resolusi 4K serta dukungan HDR untuk memudahkan pengaturan dan mengetahui tingkat akurasi warna yang dihasilkan.

Walaupun Konten belum HDR, Bisa “Didorong” Windows 10

Keuntungan pertama jika Anda memiliki sebuah monitor 4K HDR saat ini adalah adanya dukungan dari Microsoft. Melihat potensi HDR yang terus berkembang, Microsoft pun mencoba melakukan inovasi melalui sistem operasi andalannya, Windows 10, yang telah dilengkapi dengan pengaturan HDR. Cara kerja dari fitur HDR di Windows 10 ini adalah dengan melakukan kalibrasi pada video HDR yang Anda miliki dengan syarat tentunya monitor yang Anda gunakan sudah mendukung resolusi 4K dan HDR.

Uniknya, fitur HDR di Windows 10 juga bisa “memaksa” tampilan video non-HDR (video kualitas Full-HD), sehingga kualitas warna dari video tersebut menjadi lebih cerah lagi dengan mengaktifkan fitur HDR di Windows 10. Sehingga Anda yang sudah memiliki monitor yang mendukung fitur HDR bisa mengaktifkan fitur HDR yang ada di Windows 10.

Contoh gambar di atas adalah dimana kami melakukan “pemaksaan” fitur HDR melalui Windows 10 pada salah satu film dengan resolusi Full-HD.

HDR Juga Kini Tersedia di Video Game!

Selain merambah ke sektor film, fitur HDR juga kini sudah merambah ke industri game. Salah satu contohnya adalah pada konsol game milik Sony, yaitu PS4 PRO. Konsol game yang diluncurkan pada 2017 lalu ini telah mengalami peningkatan, yang mana mampu menghadirkan visual 4K HDR. Perbedaan yang akan Anda rasakan akan sangat terasa jika memainkan game di PS4 PRO menggunakan monitor yang mendukung 4K HDR.

 

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, kami mencoba memainkan sebuah game di PS4 PRO dengan mambandingkan saat HDR aktif dan tidak diaktifkan. Terlihat dengan jelas pada gambar di atas bahwa tingkat akurasi warna yang ditampilkan saat HDR aktif menjadi lebih tajam, detail dan natural. Bahkan para developer game saat ini juga sudah menuju ke arah format 4K HDR untuk menawarkan game-game terbaru di masa depan.

Sudah Mulai Terjangkau Lho!

Beberapa tahun lalu mungkin monitor 4K masih memiliki harga yang cukup tinggi. Apalagi saat ini, monitor dengan resolusi 4K dan sudah didukung dengan fitur HDR masih memiliki harga yang cukup tinggi. Biasanya Anda akan merogoh kocek yang cukup dalam hingga belasan juta Rupiah untuk memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah monitor 4K HDR. Akan tetapi hal tersebut tampaknya sudah bisa diantisipasi melalui salah satu seri produk monitor terbaru milik LG dengan nama seri LG 27UK600-W.

Monitor yang memiliki spesifikasi dengan layar berukuran 27” dan panel IPS, serta tentunya didukung dengan resolusi 4K dan fitur HDR10, LG 27UK600-W dibanderol dengan harga cukup terjangkau yakni berkisar Rp. 5,6 juta. Dengan spesifikasi yang ditawarkannya, monitor ini tergolong cukup terjangkau di kelasnya.

Future-Proof

Melihat tren 4K HDR yang masih terus dikembangkan oleh beberapa perusahaan, baik itu penyedia video streaming maupun developer game, monitor dengan format 4K HDR tentu akan menjadi sebuah investasi penting dan jangka panjang. Bahkan di masa yang akan datang, akan ada kecenderungan, dimana orang-orang lebih mendambakan sebuah visual warna yang tajam dan natural, sehingga mereka akan sulit lepas dari monitor yang menawarkan resolusi tinggi serta adanya dukungan fitur HDR.

Tags: