5 Alasan Melirik Monitor 4K HDR10!

Reading time:
May 18, 2018

Jika Anda cukup aktif dalam memantau perkembangan monitor, dalam tahun terakhir ini tampaknya sudah banyak pabrikan monitor mulai menawarkan monitor LCD/LED yang memiliki kemampuan resolusi 4K. Kebanyakan orang mungkin saat ini masih akrab dengan resolusi Full HD 1080p (1920×1080) yang sudah dianggap mampu menawarkan kualitas warna yang jernih. Akan tetapi, resolusi 4K (3840×2160) yang kita kenal sebagai UHD (Ultra High Definition) dianggap mampu menawarkan kualitas warna dengan komposisi yang jauh lebih baik dibanding resolusi Full HD. Seiring perkembangan teknologi monitor, kini para produsen mulai berinovasi dengan menawarkan monitor beresolusi 4K yang dilengkapi dengan fitur HDR. Lalu, apa itu HDR? Apa sajakah keunggulan dari fitur tersebut? Berikut kami uraikan secara singkat mengenai fitur HDR pada monitor.

LG 27UK600W

Apa itu HDR?

High Dynamic Range atau bisa disingkat dengan HDR, merupakan teknologi yang memiliki standar rentang warna DCI-P3. Cara kerja dari fitur HDR pada sebuah monitor terletak pada proses bit pada panel untuk meningkatkan rasio kontras dan warna secara signifikan. Sehingga fitur HDR ini menjanjikan dapat menampilkan tampilan gambar dengan tingkat akurasi warna yang tepat dan lebih natural. Warna yang dihasilkan oleh monitor 4K dengan fitur HDR juga biasanya akan terasa lebih cerah dan dalam, jika dibandingkan dengan monitor non HDR secara berdampingan. Perkembangan HDR sendiri saat ini sudah sampai ke HDR12. Akan tetapi, peningkatan HDR12 dengan HDR10 tidak terlalu signifikan, sehingga HDR10 saat ini masih menjadi standar untuk sebuah perangkat yang mendukung teknologi tersebut.

Lantas, kapan saatnya Anda membutuhkan monitor 4K dengan dukungan fitur HDR? Berikut kami mencoba merangkum 5 alasan mengapa saatnya Anda harus melirik monitor 4K dengan fitur HDR di era perkembangan teknologi saat ini!

Banyak Film Dukung HDR

Beberapa layanan video streaming yang memiliki konten video 4K sudah mulai ditawarkan oleh beberapa produsen video streaming seperti YouTube dan Netflix. Bagi Anda pecinta film, monitor dengan resolusi 4K serta adanya dukungan fitur HDR tentu akan menjadi sebuah kewajiban untuk memilikinya.

Lilin

 

Berbicara soal HDR, gambar yang ditampilkan bukan hanya soal tingkat rasio dan warna yang meningkat secara signifikan. Fitur HDR juga bisa dikatakan mampu menampilkan kualitas gambar dengan komposisi warna yang lebih natural dan salah satu contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas. Dalam komposisi pencahayaan seperti gambar di atas menunjukan gambar yang sesuai dengan kondisi ruangan tersebut. Terlihat bagaimana perbedaan tampilan gambar yang tersaji saat fitur HDR diaktifkan, warna yang disajikan menjadi lebih natural. Keuntungan dari monitor yang sudah memiliki resolusi 4K dan HDR juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang berkecimpung di dunia video editor atau 3D graphics editor, yang tentunya akan sangat mengandalkan monitor dengan resolusi 4K serta dukungan HDR untuk memudahkan pengaturan dan mengetahui tingkat akurasi warna yang dihasilkan.

Walaupun Konten belum HDR, Bisa “Didorong” Windows 10

Keuntungan pertama jika Anda memiliki sebuah monitor 4K HDR saat ini adalah adanya dukungan dari Microsoft. Melihat potensi HDR yang terus berkembang, Microsoft pun mencoba melakukan inovasi melalui sistem operasi andalannya, Windows 10, yang telah dilengkapi dengan pengaturan HDR. Cara kerja dari fitur HDR di Windows 10 ini adalah dengan melakukan kalibrasi pada video HDR yang Anda miliki dengan syarat tentunya monitor yang Anda gunakan sudah mendukung resolusi 4K dan HDR.

HDR On

Uniknya, fitur HDR di Windows 10 juga bisa “memaksa” tampilan video non-HDR (video kualitas Full-HD), sehingga kualitas warna dari video tersebut menjadi lebih cerah lagi dengan mengaktifkan fitur HDR di Windows 10. Sehingga Anda yang sudah memiliki monitor yang mendukung fitur HDR bisa mengaktifkan fitur HDR yang ada di Windows 10.

Movie Anime

Contoh gambar di atas adalah dimana kami melakukan “pemaksaan” fitur HDR melalui Windows 10 pada salah satu film dengan resolusi Full-HD.

HDR Juga Kini Tersedia di Video Game!

Selain merambah ke sektor film, fitur HDR juga kini sudah merambah ke industri game. Salah satu contohnya adalah pada konsol game milik Sony, yaitu PS4 PRO. Konsol game yang diluncurkan pada 2017 lalu ini telah mengalami peningkatan, yang mana mampu menghadirkan visual 4K HDR. Perbedaan yang akan Anda rasakan akan sangat terasa jika memainkan game di PS4 PRO menggunakan monitor yang mendukung 4K HDR.

LG27UK600 W jagatplay review 210

 

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, kami mencoba memainkan sebuah game di PS4 PRO dengan mambandingkan saat HDR aktif dan tidak diaktifkan. Terlihat dengan jelas pada gambar di atas bahwa tingkat akurasi warna yang ditampilkan saat HDR aktif menjadi lebih tajam, detail dan natural. Bahkan para developer game saat ini juga sudah menuju ke arah format 4K HDR untuk menawarkan game-game terbaru di masa depan.

Sudah Mulai Terjangkau Lho!

LG 27UK600 W

Beberapa tahun lalu mungkin monitor 4K masih memiliki harga yang cukup tinggi. Apalagi saat ini, monitor dengan resolusi 4K dan sudah didukung dengan fitur HDR masih memiliki harga yang cukup tinggi. Biasanya Anda akan merogoh kocek yang cukup dalam hingga belasan juta Rupiah untuk memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah monitor 4K HDR. Akan tetapi hal tersebut tampaknya sudah bisa diantisipasi melalui salah satu seri produk monitor terbaru milik LG dengan nama seri LG 27UK600-W.

Monitor yang memiliki spesifikasi dengan layar berukuran 27” dan panel IPS, serta tentunya didukung dengan resolusi 4K dan fitur HDR10, LG 27UK600-W dibanderol dengan harga cukup terjangkau yakni berkisar Rp. 5,6 juta. Dengan spesifikasi yang ditawarkannya, monitor ini tergolong cukup terjangkau di kelasnya.

Future-Proof

LG27UK600 W jagatplay review 170

Melihat tren 4K HDR yang masih terus dikembangkan oleh beberapa perusahaan, baik itu penyedia video streaming maupun developer game, monitor dengan format 4K HDR tentu akan menjadi sebuah investasi penting dan jangka panjang. Bahkan di masa yang akan datang, akan ada kecenderungan, dimana orang-orang lebih mendambakan sebuah visual warna yang tajam dan natural, sehingga mereka akan sulit lepas dari monitor yang menawarkan resolusi tinggi serta adanya dukungan fitur HDR.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…