in: Highlights - News | May 16, 2018 | by: Yufianto Gunawan

AMD Ajak Indonesia Mengenal Ryzen 2 “Pinnacle Ridge”

Bulan April 2018 lalu, AMD merilis prosesor desktop terpak Aru mereka, Ryzen 2. Mengusung arsitektur Zen+, perbaikan dari Zen yang digunakan oleh Ryzen dari generasi pertama, keluarga prosesor yang juga dikenal dengan kode Pinnacle Ridge ini tentu saja membawa beberapa perbaikan dari pendahulunya. Untuk mengajak Indonesia mengenal kelebihan dari Ryzen 2 ini, hari ini, di Jakarta, AMD mengumpulkan wakil dari media, komunitas enthusiast, dan overclocker untuk mencoba langsung prosesor baru mereka tersebut.

Bapak Ridwan Fariz dari AMD saat menyambut perwakilan media, komunitas enthusiast, dan overclocker

4 Prosesor Jagoan Baru AMD

Keluarga Ryzen 2 “Pinnacle Ridge” sendiri terdiri dari Ryzen 5 2600, Ryzen 5 2600X, Ryzen 7 2700, dan Ryzen 7 2700X. Keempatnya hadir dengan peningkatan di beberapa area yang dipandang sebagai titik lemah dari prosesor Ryzen “Summit Ridge”. Salah satu area yang ditingkatkan adalah clock speed, di mana Ryzen 2 ini menawarkan clock yang relatif lebih tinggi. Selain itu, cache juga di-tuning agar menawarkan latency yang lebih rendah, sehingga instruction per-clock dari prosesor secara keseluruhan akan meningkat.

Bapak Anes dari AMD saat memperkenalkan Ryzen 2

Berikut ini adalah spesifikasi singkat dari keempat prosesor Ryzen 2 yang juga telah hadir di Indonesia tersebut:

  • Ryzen 7 2700X: 8-Core, 16-Thread, 4.3 GHz Max Boost, 3.7GHz Base Clock
  • Ryzen 7 2700, 8-Core, 16-Thread, 4.1 GHz Max Boost, 3.2 GHz Base Clock
  • Ryzen 5 2600X, 6-Core, 12-Thread, 4.2 GHz Max Boost, 3.6 GHz Base Clock
  • Ryzen 5 2600, 6-Core, 12-Thread, 3.9 GHz Max Boost, 3.4 GHz Base Clock

AMD juga membekali prosesor Ryzen 2 dengan fitur yang lebih baik, seperti Precision Boost 2 dan XFR 2. Prosesor ini juga diproduksi dengan fabrikasi yang lebih baik, 12 nm, berbanding 14 nm di Ryzen generasi pertama. Semua hal ini disebut AMD akan membuat prosesor baru mereka ini menjadi produk yang lebih baik lagi dari produk yang sudah bisa dikatakan sangat baik yang sebelumnya mereka tawarkan.

Bila Anda penasaran dengan fitur-fitur yang ditawarkan AMD di Ryzen 2, Anda bisa membaca penjelasan dan pembuktian terkait fungsi fitur-fitur tersebut di artikel di Jagat OC ini.

AMD X470: Chipset Pendukung Pinnacle Ridge

Selain memperkenalkan Ryzen 2, AMD juga menggandeng empat partner mereka untuk memperkenalkan produk pendukung prosesor baru tersebut. Tentu saja, produk tersebut adalah motherboard dengan chipset X470, chipset baru AMD yang memang ditujukan untuk mendukung Pinnacle Ridge, dan keempat partner yang dibawa AMD ke acara ini adalah ASRock, ASUS, Gigabyte, dan MSI. Perwakilan dari keempar produsen motherboard ternama dunia itu memperkenalkan produk-produk motherboard AMD AM4 dengan chipset X470 mereka.

Bapak Juniasan dari ASRock menjelaskan produk-produk motherboard X470 dari ASRock
Perwakilan ASUS memberikan gambaran singkat kemampuan dari Crosshair VII Hero
Bapak “Manukers” Benny Lodewijk dari NJT, distributor Gigabyte, menjelaskan fitur-fitur yang ada di motherboard X470 AORUS Gaming 7 WiFi
Bapak Caesar dari MSI memperkenalkan produk motherboard AM4 dari MSI

Demo Fitur Ryzen 2 dan Extreme Overclocking

Tidak hanya menyebutkan saja kelebihan dan fitur baru yang diusung oleh Ryzen 2, AMD juga membuktikan langsung hal-hal tersebut di hadapan undangan acara mereka tersebut. Kali ini, AMD mengajak salah satu overclocker ternama Indonesia, yang juga merupakan kapten tim Jagat OC, yaitu Alva Jonathan, untuk demo Ryzen 2. Beberapa hal sempat didemokan oleh Alva “Lucky_n00b” di empat sistem berprosesor Ryzen 7 2700X, yaitu Ryzen Master di sistem berbasis motherboard ASRock X470 Taichi, OC Profile di ASUS Crosshair VII Hero, Precision Boost Overdrive di Gigabyte X470 AORUS Gaming 7 WIFI, dan Memory Try-IT di MSI X470 Gaming M7 AC.

Setelah demo fitur Ryzen 2 berakhir, AMD juga menggelar demo lain yang tidak kalah menarik, yaitu extreme overclocking Ryzen 2. Selain Alva Jonathan, Tiga overclocker Indonesia yang sudah mencatatkan banyak prestasi turut diundang untuk meramaikan sesi demo ini, yaitu “Rhodie” Sitomorang, Chandra “BlueFiber”, dan Jesse “bboyjezz”. Keempat overclocker tersebut mendemokan overclocking extreme di Ryzen 2, seperti mencari clock tertinggi, serta beberapa benchmark lain.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES