in: News | May 23, 2018 | by: Chandra Wijaya

Arduino Menghadirkan “Next-Gen” Boards dan Memperkenalkan Solusi FPGA

Bertepatan pada kick-off acara Maker Faire Bay Area, Arduino melakukan ekspansi lini IoT (Internet of Things) yang mereka miliki dengan menghadirkan dua board terbaru mereka, yaitu MKR Vidor 4000 dan Uno WiFi Rev 2. Hal yang sangat mengesankan dari salah satu board tersebut adalah MKR Vidor 4000 yang merupakan Arduino board pertama berbasikan FPGA. MKR Vidor 4000 ini akan menggunakan SAM D21 microcontroller, u-blox Nina W102 WiFi module, dan ECC508 crypto chip untuk keamanan koneksi lokal dan juga internet.

MKR Vidor 4000 sendiri juga merupakan seri terbaru dari lini MKR, yang memang secara rancangannya dikhusukan untuk pengembangan aplikasi IoT. Seri MKR Vidor 4000 ini sendiri akan sangat cocok diletakan pada lingkungan innovative development IOT berkat kemampuan komputasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan juga semakin mendekatkan akses penggunaan FPGA kepada publik. Sesuai dengan perkataan co-founder dari Arduino Massimo Banzi, “MKR Vidor 4000 pada akhirnya akan memberikan akses FPGA kepada para maker & innovator dan kami sangat tidak sabar untuk kembali mengubah trend”.

Selain memperkenalkan MKR Vidor 4000 sebagai Arduino yang sangat versatile dan juga dianggap memiliki visi pengembangan yang sangat luar biasa luas, Arduino juga menghadirkan Arduino Uno WiFi Rev 2, yang menggunakan mikrokontroler ATmega 4809, Modul u-blox Nina W102 WiFi, ECC608 Crypto chip dan IMU (Interial Measurement Unit) terintergrasi. Uno WiFi ini akan membuat proses pembuatan product berbasiskan Uno klasik yang membutuhkan konektivitas internet. Dan Uno Wifi ini akan sangat ideal dengan pengembangan IoT untuk automotive, agriculture, dan smart home. Spesifikasi yang dimiliki ATmega 4809 ini sendiri adalah 6KB RAM, 48KB Flash, 3 buah UARTS, Core Independent Peripherals, dan ADC (Analog Digital Converter) kecepatan tinggi terintegrasi.

Pada acara Maker Faire Bay Area ini sendiri merupakan kesempatan untuk kalangan pencinta dunia mikrokontroler untuk bisa berinteraksi dengan komunitas nya secara langsung. Selain itu juga, acara utama yang dimiliki Maker Faire Bay Area ini adalah talk show dari Massimo Banzi ‘State of Arduino’ yang mana seluruh pengunjung akan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari mengenai perkembangan dari Arduino.

Dari ke-dua MKR Vidor 4000 dan Uno WiFi Rev 2 ini akan hadir dipasaran pada Arduino online store pada akhir dari Juni 2018 ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES