in: News | May 6, 2018 | by: Tim Jagat Review

Cadence dan Micron Ujicoba Prototype RAM 7nm DDR5

Cadence yang dikenal sebagai perusahaan pihak ketiga yang membantu perusahaan semikonduktor untuk merancang prototype RAM terbaru, diberitakan telah berkerjasama dengan Micron untuk merancang standar DDR5 terbaru.

DDR4 yang digunakan sekarang, belum mencapai performa maksimal, yang mana hanya memiliki standar mainstream 2400 MT/s dan 2667 MT/s untuk versi high-end seperti yang umumnya dipakai server dan 3200 MT/s yang akan menjadi standar DDR4 untuk pasar kelas high-end untuk beberapa tahun kedepan. DDR5 rancangan keduanya dikabarkan akan hadir dengan kecepatan mencapai 4400 MT/s yang memiliki kecepatan 2x dibandingkan RAM DDR4 kelas mainstream yang umumnya dipakai pada PC Desktop dan laptop.

Masih belum cukup disitu saja, Cadence menyebutkan RAM DDR5 yang dites dalam ujicoba ini dibangun dengan fabrikasi 7nm dari TSMC. Penggunaan fabrikasi yang lebih kecil memiliki dampak dengan menurunnya voltase dari standar 1.2/1.3 V untuk DDR4 ke 1.1 V untuk DDR5. Cadence juga menyebutkan penggunaan fabrikasi 7nm memungkinkan hadirnya chip memory dengan kapasitas 16 GB per DIE. Sehingga memungkinkan untuk hadirnya RAM dengan kapasitas lebih besar kedepan.

Cadence juga telah adakan ujicoba kepada Ram DDR5 rancanganya ini dan hasilkan kecepatan hingga 6400 MT/s yang direncakan akan hadir untuk versi high-end. Namun menurut Cadence menyebutkan DDR5 lebih memfokuskan kepada kapasitas dibandingkan kecepatan jadi ada kemungkinan kecepatan top speed 6400 MT/s membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum bisa digunakan pada umumnya.

Adopsi RAM DDR5 akan mulai hadir pada tahun 2019, Cadence memprediksi adopsi DDR4 akan meningkat secara signifikan dari tahun ketahun. Untuk selanjutnya,  Cadence juga telah memfokuskan untuk LPDDR5 dengan target menguasai pangsa pasar DRAM hingga 45% pada tahun 2022.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES