in: News | May 11, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Google Siapkan Desain Google Drive Baru dengan Material Design

Masih dari Google I/O 2018, Google juga mengumumkan bahwa mereka akan mengubah tampilan dari Google Drive versi web. Pengubahan tampilan ini ditujukan untuk menyesuaikan tampilan aplikasi web tersebut dengan Material Design, prinsip desain UI yang dianut Google dan telah diterapkan di beberapa produk mereka. Google memastikan pengubahan tampilan ini benar-benar berdampak sebatas di tampilan saja, tanpa ada imbas ke fungsi yang ditawarkan.

Salah satu perubahan yang dilakukan oleh Google adalah warna latar belakang di aplikasi web Google Drive, di mana kini mereka menggunakan warna putih, bukan abu-abu seperti sebelumnya. Selain itu, untuk Google Drive dalam paket G Suite, atau Google Drive untuk akun perusahaan, logo perusahaan akan dipindah posisi, menjadi di dekat profile picture pengguna, bukan lagi menggantikan logo Google Drive.

Google juga mengubah desain dari tombol “New”, membuatnya terlihat lebih modern dengan logo “+” yang mengusung kombinasi warna merah, kuning, hijau, dan biru. Beberapa tombol seperti Setting dan Help Center posisinya dipindahkan sebaris dengan search bar. Terakhir, Google juga mengganti font yang digunakan untuk area header.

Tampilan baru ini disebut akan dihadirkan untuk semua pengguna, baik perorangan maupun pengguna G Suite. Google menyebutkan bahwa implementasi tampilan baru ini bisa dijalankan dalam waktu dua minggu ke depan. Untungnya, karena tidak ada fungsi yang berubah, pengguna tidak akan butuh mempelajari hal baru apapun untuk menggunakan Google Drive tampilan baru ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES