in: Motherboard | May 21, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ASRock Fatal1ty H370 Performance

Menyusul rilis 3 chipset terbaru Intel untuk LGA1151 2nd Gen., yang mendukung prosesor Intel Coffee Lake, beberapa produsen motherboard telah merilis produk terbaru mereka dengan mengusung 3 chipset baru itu. Kami telah sempat membahas beberapa produk motherboard dari beberapa merek yang hadir dengan chipset Intel B360 dan H370, dua di antara tiga chipset baru itu. Kini, giliran produk dari ASRock, yang juga mengusung salah satu chipset baru itu, hadir di lab. pengujian kami. Motherboard itu adalah ASRock Fatal1ty H370 Performance.

Fatal1ty H370 Performance ini merupakan motherboard ASRock seri Non-Z 300 Series pertama yang datang ke lab kami. Sebagai produk kelas gaming H370 tertinggi dari ASRock, motherboard ini akan menawarkan seluruh fitur yang terdapat pada Z370 kecuali dukungan untuk unlock multiplier untuk prosesor K Series. Dan tentunya, motherboard H370 ini akan memiliki segmentasi PCIe yang berbeda untuk dukungan multi GPU. Di artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut lagi seputar fitur yang dimiliki motherboard ASRock Fatal1ty H370 Performance ini!

Paket Penjualan

ASRock Fatal1ty H370 Performance ini hadir dengan box yang sangat khas untuk ASRock seri gaming. Box paket penjualan ini datang dengan design klasik bewarna hitam dengan striping bewarna merah dan abu-abu. Di bagian depan box sendiri tidak terdapat gambar apapun, hanya terdapat tulisan “ASRock Fatal1ty H370 Performance”. Bagian belakang box motherboard ini, sama seperti kebanyakan motherboard lain, menunjukan beberapa fitur utama yang dimiliki oleh motherboard. Secara keseluruhan, motherboard ini memiliki box yang terlihat sangat mewah, mengingat box dari motherboard ini cukup besar dan tebal. Bos ini juga terdiri dari dua lapis, di mana lapisan luar merupakan color cover, sementara lapisan dalam adalah box hitam polos yang menampung semua isi dari paket penjualan motherboard ini.

Perlengkapan yang disertakan di dalam paket penjualan motherboard ini dapat dikatakan standar. Hal yang cukup umum bahwa pada motherboard Non-Z chipset hadir dalam paket penjualan Fatal1ty H370 Performance, yaitu:

  • 2x Kabel SATA 6Gbps
  • DVD Driver
  • Manual Book (Software Installation & Quick Installation)
  • I/O Shiled
  • 3x M.2 Screw

Tampilan Fisik

Motherboard ASRock Fatal1ty H370 Performance ini hadir dengan tampilan monochrome di mana motherboard ini dominasi oleh warna hitam yang disertai dengan beberapa corak bewarna abu-abu pada PCB untuk memberikan kesan tampilan motherboard ini lebih agresif. ASRock sendiri di beberapa seri motherboardnya, termasuk seri ini, menggunakan PCB black matte dengan teknologi High Density Glass Fabric. Heatsink di motherboard ini juga hadir dengan desain baru, dengan ukuran yang dapat dikatakan sangatlah besar untuk sebuah motherboard H370. Heatsink VRM yang digunakan pada motherboard ini sendiri adalah XXL Aluminum Alloy Heatsink.

ASRock juga menyertakan I/O Shroud untuk motherboard ini, yang terlihat cukup menarik, dengan hanya memiliki 1 warna, yaitu hitam, disertai juga dengan sedikit cut-out yang dilengkapi dengan diffuser. Cut-out tersebut dilengkapi dengan RGB LED. Selain di daerah I/O Shroud, ASRock sendiri juga menyertakan RGB di motherboard ini, yang dinamakan Polychrome RGB, dengan LED di beberapa bagian motherboard.

Terdapat 4 buah DIMM DDR4 yang mendukung DDR4 dengan kecepatan maksimal DDR4-2666. Kecepatan ini merupakan kecepatan standar tertinggi yang didukung resmi prosesor Intel Coffee Lake (Core i5 & Core i7) di motherboard selain dengan chipset Z370. Kapasistas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 64GB untuk konfigurasi 4x 16GB, dengan jenis Non-ECC Unbuffered DDR4. Empat slot DIMM ini juga dibalut warna hitam. Hal yang cukup unik di motherboard ini adalah kami melihat bahwa VRM untuk keempat slot DIMM ini menggunakan VRM 2 Phase. Cukup overkill untuk sebuah motherboard H370 yang hanya dapat berjalan pada kecepatan maksimum DDR4-2666.

Untuk pasokan daya, motherboard ini memiliki 24-pin ATX dan 8 pin ATX-12v CPU. Peletakan dari 2 konektor ini berada pada posisi yang terbilang tepat, yang akan mempermudah pemasangan kabel ke konektor tersebut saat motherboard terpasang ke casing. Heatsink Aluminum Alloy XXL yang terdapat pada area VRM motherboard ini juga sangatlah besar, dan memiliki desain yang sangat baik untuk membantu menahan panas dari VRM. Untuk VRM sendiri, motherboard ini menggunakan 12 (10+2) phase, yang menjanjikan kemampuan yang baik dalam menangani kebutuhan seluruh lini prosesor Intel Core i 8th Gen.

Tersedia lima fan header 4-pin pada motherboard ini, yang dapat Anda gunakan untuk mode PWM. Jumlah header yang tersedia ini sudah cukup memadai untuk sebuah motherboard H370. Peletakan kelima fan header ini terdapat di: 1 di bagian atas motherboard, 1 di tengah motherboard, dan 3 di bagian bawah motherboard. Semua 4-pin fan header ini dapat bekerja baik dengan mode PWM ataupun dengan mode DC regulated.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES