in: Audio | May 3, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Headphone: Sennheiser HD 4.40 BT

Performa Suara

Sennheiser HD 4.40 BT ini memiliki dua opsi penggunaan, baik melalui kabel audio jack dan juga Bluetooth. Tentunya kami menguji kedua opsi konektivitas tersebut dari headphone ini, dimana untuk kuailtas suara yang dihasilkan saat menggunakan kabel, terasa sedikit lebih jernih.

Sennheiser HD 4.40 BT dirancang sebagai headphone tipe closed-back, suara yang dihasilkan headphone ini cukup detail, bahkan pada frekuensi rendah. Performa bass yang ditampilkannya terasa bertenaga dan solid saat kami mencoba memutar lagu dari Flo Rida – Low. Tidak ada hentakan bass yang berlebih namun detail suara yang dihasilkan pada frekuensi ini terasa cukup baik meskipun pada tingkat volume yang tidak terlalu tinggi.

Pada frekuensi mid, suara vokal yang ditampilkan oleh headphone cukup tegas dan menonjol. Begitu pula separasi yang dihasilkan pada frekuensi ini masih tergolong cukup nyaman saat kami memutar lagu Sam Smith – I’m Not The Only One. Sedangkan pada frekuensi high, karakter suara pada frekuensi ini menghasilkan karakter suara lebih Warm sehingga saat kami memutar lagu dari Fourplay – 101 Eastbound dalam kurun waktu lama tidak membuat telinga menjadi cepat lelah. Alunan instrument musik pada frekuensi ini tetap ditangani baik dan seimbang meskipun tidak menggunakan bantuan amplifier.

Kesimpulan

Selalu menyenangkan ketika kami mendapati sebuah produk headphone dengan konektivitas bluetooth. Ada beberapa faktor yang membuat Sennheiser HD 4.40 BT ini memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari desainnya serta penggunaannya yang nyaman dan mudah saat dihubungkan ke perangkat mobile Anda. Tidak ada keraguan dari rancangan yang ditawarkan Sennheiser pada HD 4.40 BT ini. Meskipun terlihat sederhana, kesan elegan masih terlihat dengan balutan warna hitam dove yang diusungnya. Terlebih lagi, headphone yang dapat dilipat serta diberikan kantung khusus untuk menyimpananya, membuat Sennheiser HD 4.40 BT ini akan menjadi teman sempurna Anda ketika dalam perjalanan.

Sennheiser HD 4.40 BT sangat mudah digunakan dan bisa dihubungkan ke perangkat mobile lain yang sama-sama mendukung konektivitas bluetooth. Soal performa, suara yang dihasilkan headphone ini secara keseluruhan cukup baik. Mulai dari frekuensi rendah, suara bass yang ditampilkan terasa bertenaga dan solid, meskipun tidak terlalu menghentak. Namun detail masih bisa didapat. Begitu pula pada suara mid, separasi yang dihasilkan pada frekuensi ini tergolong cukup baik, Begitu pula suara vokal terasa tegas dan bertenaga. Sedangkan pada frekuensi high, karakter suara pada frekuensi ini menghasilkan suara lebih Warm, yang mana karakter suara ini didapat melalui mid dan bass.

Headphone yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 2.290.000 ini mungkin memang terlihat cukup sepadan dengan teknologi yang ditawarkan seperti konektivitas bluetooth dan NFC yang tertanam di dalamnya. Selain itu, ketahanan baterai yang mampu mencapai hingga 25 jam juga membuat headphone memang layak untuk menjadi teman setia para pecinta traveling. Namun sayangnya, headphone ini tidak dibekali dengan Noise cancelling sehingga suara bising tidak akan mampu dihalang dengan baik. Ukuran earcup pada headphone ini juga tidak terlalu besar. Bagi Anda yang memiliki ukuran daun telinga agak besar akan cenderung merasa tidak nyaman saat menggunakannya.

Kelebihan:

  • Desain fleksibel
  • Wireless
  • Ringan
  • Bass cukup bertenaga
  • Tersedia kantong khusus
  • Baterai tahan lama

Kekurangan:

  • Ukuran earcup terasa kecil bagi pengguna berdaun telinga besar
  • Tidak ada noise cancelling
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES