in: Display | May 26, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review: Monitor LG 27GK750F-B

The Monitor

LG 27GK750F-B ini hadir sebagai seri terbaru di jajaran monitor Gaming LG. Monitor ini datang dengan layar berukuran 27 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Monitor yang dirancang sama seperti monitor pada umumnya, LG 27GK750F-B hadir dengan aspect ratio 16:9 serta menggunakan panel TN yang mampu mereproduksi warna hingga 16.7 juta warna. Sebagai monitor yang masuk ke jajaran monitor Gaming LG, desain monitor dengan garis-garis khas monitor gaming dari LG tetap tampil menghiasi seperti pada bagian kaki penyangganya. Permukaan layarnya yang di lapisi lapisan anti-glare 3H, mampu meredam pantulan cahaya atau bayangan di layar yang membuat Anda dapat lebih nyaman dan fokus menggunakan monitor ini saat bermain game.

Menurut kami desain dari monitor ini tampil dengan khas monitor Gaming LG. Hal tersebut bisa dilihat dari penyangga kakinya yang berbentuk “V” yang sudah digunakan di beberapa model monitor Gaming LG dan memiliki nama V-Line Stand. Kaki penyangga yang digunakan pada monitor LG 27GK750F-B ini mungkin terlihat kecil. Akan tetapi mampu untuk menjaga monitor berukuran 27 inci ini dengan baik. Menariknya lagi, kaki-kakinya ini memiliki pengatur ketinggian yang membuat monitor ini dapat di atur tingkat ketinggiannya secar fleksibel. Selain itu, monitor ini juga boleh dibilang memiliki tingkat ergonomi yang baik, dimana layar dapat diposisikan untuk kebutuhan pengguna, seperti tilt, di putar ke arah kanan dan kiri serta juga bisa diputar dengan memposisikan layar menjadi potrait atau vertikal.

Secara spesifikasi, LG 27GK750F-B sebenarnya memiliki response time 2 milisecond untuk Grey-to-Grey. Akan tetapi, LG turut menyematkan fitur MBR (Motion Blur Reduction), sehingga respon time monitor ini dapat meningkat hingga 1 milisecond dan sanggup menghasilkan kualitas tampilan bebas dari gejala ghosting. Tingkat response time setinggi itu memang ideal untuk menangani adegan cepat pada sebuah video ataupun game. Selain memiliki response time yang tinggi, tingkat refresh rate yang ditawarkan monitor ini juga tergolong sangat tinggi yakni mencapai 240Hz. Refresh rate tinggi ini memang menjadi salah satu keunggulan dari monitor Gaming terbaru milik LG ini dan menjamin game bergenre first-person-shooter dapat disajikan dengan gerakan lebih halus tanpa ada lagi kendala stuttering atau blur.

Beberapa keunggulan fitur lain yang siap mendukung kebutuhan para gamer saat ini, turut disematkan pada monitor LG 27GK750F-B ini seperti teknologi AMD FreeSync. Teknologi ini memungkinkan tingkat refresh rate yang dimiliki monitor ini dapat menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card, bukan sebaliknya seperti pada teknologi V-Sync. Tersedia pula fitur Black Stabilizer yang berfungsi untuk mengatur tingkat black contrast monitor sehingga dapat menghasilkan tampilan yang lebih jelas saat bermain ketika pada adegan gelap/kurang cahaya.

LG 27GK750F-B dirancang masih dengan mengandalkan kaki penyangga V-Stand yang sama digunakan oleh beberapa monitor Gaming LG sebelumnya. Penopang layar LG 27GK750F-B dapat dengan mudah dilepas dengan menggeser sebuah tombol hitam ke bawah seperti terlihat pada gambar di atas. Beralih ke konektivitasnya, LG 27GK750F-B memiliki beragam konektivitas seperti port DC-IN, audio, dua port HDMI 2.0, satu port Display Port 1.2, dan satu port USB Type-B untuk menghubungkan dua port USB 3.0 Type-A.

Selain daya tarik pada konektor display yang lengkap, LG 27GK750F-B hadir dengan keunggulan lain seperti fitur Quick Charge pada port USB 3.0 Type-A paling atas sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengisian daya pada perangkat smartphone atau tablet. Dua port USB 3.0 tersebut juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti flash drive, keyboard, mouse, dan lainnya.

LG juga menyertakan sebuah klip plastik yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembunyikan kabel yang terhubung persis di belakang yang menempel pada kaki penyangganya. Sedikit berbeda dengan klip plastik untuk kabel management monitor LG yang sebelum-sebelumnya, bentuknya yang menyerupai sirip hiu ini memungkinkan Anda menggantungkan headphone kesayangan Anda setelah Anda gunakan. Desain klip plastik ini juga terasa kokoh, dan sepertinya dapat menahan kabel yang banyak dan headphone yang berat sekaligus.

Ada salah satu hal menarik juga dari desain yang diusung monitor LG 27GK750F-B ini. Di bagian belakang monitor, LG merancang sebuah ventilasi udara yang biasanya terletak di bagian bawah monitor. Ventilasi berbentuk lingkaran ini memiliki ukuran cukup besar dan tentunya mampu untuk membuang hawa panas yang dihasilkan oleh panel.

Operasional menu pada LG 27GK750F-B sama seperti monitor-monitor LG lainnya yang sudah menjadi ciri khas, yakni dengan mengandalkan satu tombol joystick lima arah pada sisi bawah tengah layar. Penggunaan tombol joystick memang menjadi keunggulan dari monitor ini. Pengoperasian menu menjadi sangat mudah dan begitu menyenangkan, bahkan tanpa perlu melihat tombol itu sendiri. Tidak ada lagi kerumitan pengoperasian menu akibat meraba-raba deretan tombol pada sisi tersembunyi di monitor. Pengguna cukup mengarahkan tombol joystick lima arah untuk menggerakkan kursor pada menu dan menekan untuk melakukan konfirmasi. Tombol joystick LG 27GK750F-B terbuat dari bahan putih semi-transparan dengan cahaya merah pada saat monitor LCD menyala. Lampu LED merah pada tombol tersebut juga bisa di non-aktifkan secara manual melalui menu General > Power LED. Sayangnya monitor ini tidak didukung dengan sistem audio seperti speaker integrated

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This: