in: Display | May 26, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review: Monitor LG 27GK750F-B

MENU

Sebagai monitor Gaming seri terbaru, tentunya LG menawarkan fitur yang memudahkan bagi penggunanya. Salah satunya datang melalui menu pengoperasian monitor ini. Selain telah memanfaatkan joystick 5 arah sebagai alat navigasinya, LG juga menyematkan menu pengoperasian yang antarmukannya sangat memudahkan penggunanya. Tak hanya datang dengan menu setting yang lengkap, Anda juga akan mendapatkan Quick Menu akan memudahkan Anda melakukan setting tanpa perlu masuk terlalu dalampada menu setting (OSD).

Pada Quick Menu ini Anda dapat melakukan setting volume, input video dan bahkan Anda bisa memilih beberapa mode Gaming yang telah disediakan oleh sang produsen monitor.

Ketika Anda memasuki menu Setting, terdapat beberapa pengaturan 5 mode pengaturan utama untuk melakukan beberapa pengaturan, di antaranya Game Mode, Game Adjust, Picture Adjust, Input dan General. Pada bagian menu Game Mode, pengaturan ini sama seperti yang terdapat pada Quick menu.

Pada bagian pengaturan Game Adjust, Anda dapat menemukan beragam pengaturan untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda seperti mengatur Respon Time, mangaktifkan AMD FreeSync, Black Stabilizer hingga 1ms Motion Blur Reduction yang mana akan mengurangi efek Ghosting pada layar.

LG juga menyediakan setting layar pencahayaan, kontras, dan ketajaman gambar pada layar dengan mengakses menu Picture Adjust. Bahkan Anda bisa mengaktifkan Black level dan DFC melalui menu pengaturan ini.

Pada bagian menu Input, Anda akan menemukan pengaturan input yang akan digunakan oleh monitor LG 27GK750F-B, baik itu melalui HDMI 1, HDMI2 atau DisplayPort. Anda juga bisa memilih Aspek Rasio melalui menu ini.

   

LG juga turut menyediakan menu setting General, dimana melalui menu ini Anda bisa melakukan pengaturan mulai dari bahasa hingga mengaktifkan fitur Smart Energy Saving pada monitor ini. Oleh karena LG 27GK750F-B ini mampu menyokong refresh rate hingga 240Hz serta didukung fitur Black Stabilizer, kami mencoba mengukur daya pada saat penggunaan mode maksimal di refresh rate 240Hz serta Black Stabilizer hingga 100%.

  • Picture Mode FPS 1 Maximum refresh rate 240Hz dan 100% Black Stabilizer: 32 Watt
  • Picture Mode FPS 2 refresh rate 60Hz dan 50% Black Stabilizer: 25 Watt

Simulasi pengujian konsumsi daya di atas dengan mengaktifkan dua game mode di antaranya FPS 1 dan FPS 2. Pada mode FPS 1, monitor LG 27GK750F-B membutuhkan daya sebesar 32Watt. Sedangkan pada mode FPS 2, daya yang dibutuhkan monitor ini menjadi 25Watt. Daya dari masing-masing mode yang ditawarkan tergolong cukup hemat dan patut diapresiasi.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES