in: Networking | May 15, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review TP-Link Deco M5

Membangun WiFi di rumah belakangan ini jadi makin mudah, terutama setelah hadirnya berbagai produk mesh network, yang rata-rata menawarkan kemudahan, bahkan hingga instalasi bisa dilakukan oleh orang yang tidak mengerti dasar-dasar jaringan sekalipun. Produk pendukung mesh network memang didesain agar bisa beroperasi dengan konfigurasi sangat sederhana sekali, kebanyakan melalui aplikasi smartphone, sehingga pada dasarnya siapa saja bisa membantun jaringan WiFi. Kali ini, sebuah paket mesh network kembali hadir di lab. pengujian Jagat Review, dari TP-Link, yaitu Deco M5. Fitur seperti apa yang ditawarkan oleh Deco M5 ini? Kami akan membahasnya dalam artikel hands-on review ini!

Mengenal TP-Link Deco M5

TP-Link menyebut paket Deco M5 ini sebagai sebuah sistem “Whole Home WiFi”, yang berarti ditujukan untuk mendukung hadirnya WiFi yang bisa menjangkau seluruh penjuru rumah, mulai dari rumah berukuran kecil hingga rumah berukuran besar. Memanfaatkan mesh network, paket Deco M5 ini terdiri dari beberapa unit yang “router” yang bisa terhubung satu sama lain, secara otomatis membangun sebuah jaringan WiFi yang bisa menjangkau area yang luas. Namun, Deco M5 ini tidak hanya bisa digunakan untuk membangun jaringan WiFi saja, pengguna juga akan mendapatkan beberapa fungsi lain yang terbilang menarik. Apa saja? Kami akan membahasnya setelah pembahasan terkait paket Deco M5 secara keseluruhan.

Di paket yang dipinjamkan TP-Link, terdapat tiga unit Deco M5, yang memiliki desain identik, dan masing-masing pun bisa berperan sebagai pusat dari sistem “Whole Home WiFi”. Unit tersebut hadir dengan desain minimalis, dengan bodi berbentuk tabung pendek warna putih dengan diameter 120 mm, dan satu lampu indikator. Ukuran perangkat ini bisa dikatakan cukup ringkas, sehingga mudah diletakkan di mana saja, tanpa membuang banyak ruang.

Terdapat tiga buah port di setiap unit Deco M5, yaitu 1 USB Type C dan 2 Gigabit Ethernet. TP-Link menggunakan port USB Type C untuk jalur masuknya daya ke unit. Sementara port Gigabit Ethernet yang tersedia memiliki fungsi sebagai port LAN maupun WAN, dalam artian port tersebut bisa dihubungkan dengan kabel Ethernet ke modem atau router lain, dan menjadi jalur masuknya Internet ke sistem “Whole Home WiFi” atau bisa juga digunakan untuk menghubungkan perangkat lain, seperti PC, ke jaringan lokal, melalui kabel Ethernet. Terdapat juga satu tombol reset di bagian dasar dari unit Deco M5 ini.

Satu unit Deco M5 ini disebut TP-Link bisa menghadirkan WiFi dengan jangkauan sekitar 1500 sq. feet. Memanfaatkan 3 unit yang ada dalam satu paket yang kami terima ini, teoretis pengguna bisa mendapatkan jangkauan sekitar 4500 sq. feet, cukup memadai untuk rumah berukuran sedang, 2 – 3 lantai. Namun, bila diperlukan, satu sistem “Whole Home WiFi” bisa menampung hingga 10 unit Deco M5, untuk jaringan WiFi yang lebih luas lagi.

Spesifikasi

Setiap unit Deco M5 hadir sebagai router AC1300. Ya, Deco M5 ini sudah mendukung WiFi dual-band, 2.4 GHz dan 5 GHz, dengan data rate hingga ~ 1300 Mbps, yang terbagi menjadi 400 Mbps di 2.4 GHz dan 867 Mbps di 5 GHz. TP-Link menyebutkan bahwa Deco M5 ini memiliki 4 buah antena internal untuk mendukung WiFi dual-band yang ditawarkan, didukung prosesor “quad-core” untuk kemampuan pemrosesan paket jaringan yang baik.

Selain WiFi, Deco M5 juga dibekali dengan Bluetooth 4.2. Koneksi Bluetooth ini digunakan perangkat untuk berkomunikasi dengan smartphone, terutama saat setup awal sistem. Penggunaan Bluetooth diharapkan akan mempermudah setup, mempersingkat langkah menghubungkan smartphone ke unit Deco M5 yang dijadikan sebagai pusat sistem “Whole Home WiFi”.

Paket Penjualan

Seperti yang sempat kami sebutkan di atas, paket “Whole Home WiFi” berbasis Deco M5 yang kami terima dari TP-Link ini mengusung tiga unit Deco M5. Karena ukuran perangkat yang terbilang ringkas, kemasan paket penjualan Deco M5 ini memiliki ukuran tidak terlalu besar, sekalipun di dalamnya terdapat tiga buah router Deco M5. Selain tiga unit Deco M5, TP-Link juga menyertakan beberapa perlengkapan pendukung, yaitu:

  • 3 Adaptor Daya USB Type C
  • 1 Kabel Gigabit Ethernet
  • 1 Paket Dokumen Pendukung
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES