in: Notebook / Laptop | May 30, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook AMD Ryzen: Lenovo IdeaPad 720S-13ARR

The Notebook

Kesan sebuah produk premium memang begitu terasa saat melihat penampilan Lenovo IdeaPad 720S-13ARR. Tipisnya bodi dan bezel layar dalam balutan warna Platinum Silver memang sukses memberikan kesan sebuah laptop mewah. Bodi Lenovo IdeaPad 720S-13ARR sendiri dibuat dari bahan alumunium (kecuali pada bezel layar) membuatnya konstruksi laptop terasa begitu kokoh.

Tipisnya bezel layar memang menguntungkan Lenovo IdeaPad 720S-13ARR dari segi dimensi bodi yang hanya memiliki ukuran 30,59 x 21,38 cm untuk sisi panjang dan lebar. Membuatnya ukuran bodi laptop 13,3 inci ini seperti laptop 12 inci.

Lenovo IdeaPad 720S-13ARR pun menghadirkan bodi super tipis dengan ketebalan hanya 1,36 cm saat layar ditutup. Hanya setebal sebuah baterai AA yang memiliki diameter berkisar 1,35-1,45 cm. Rampingnya bodi Lenovo IdeaPad 720S-13ARR pun diikuti ringannya bobot yang hanya sekitar 1,1 kg saja. Bahkan saat dibawa bersama charger bobot yang harus ditanggung pengguna hanya sekitar 1,4 kg.

Lenovo IdeaPad 720S-13ARR dilengkapi layar ukuran 13,3 inci dengan tingkat resolusi Full HD/1920×1080 piksel yang menghasilkan tingkat kerapatan piksel 165 PPI. Tipe panel yang digunakan adalah IPS (In-Plane Switching) yang dikenal mampu menghasilkan warna lebih kaya dan viewing angle lebih luas dibandingkan panel TN dengan permukaan anti glare untuk kenyamanan pakai lebih baik.

Engsel layar Lenovo IdeaPad 720S-13ARR dapat diputar hingga 180°. Desain engsel seperti ini membuat sisi keyboard aman dari resiko tiba-tiba terangkat saat layar tidak sengaja terdorong ke belakang.

Untuk sektor konektivitas, pada sisi kiri Lenovo IdeaPad 720S-13ARR dapat ditemukan konektor 1X Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) yang juga digunakan untuk memasok daya listrik ke laptop sekaligus sebagai konektor Display Port, 1X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan 1X Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) yang juga digunakan konektor Display Port.

Sedangkan pada sisi kanan dapat ditemukan 1X headphone microphone combo jack dan 1X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps). Sayang sekali untuk yang membutuhkan slot memory card reader, laptop ini tidak menyediakannya.

Keyboard Lenovo IdeaPad 720S-13ARR terasa nyaman saat kami gunakan mengetik. Tombol terasa empuk saat ditekan dan senyap saat beroperasi. Menariknya meskipun memiliki dimensi bodi seperti laptop 12 inci, Lenovo sukses menempatkan tombol ukuran besar (kecuali tombol panah dan tombol baris pertama) dengan jarak berjauhan pada laptop ini.

Keyboard dilengkapi lampu backlit yang dapat membantu mengetik saat gelap. Terdapat dua tingkat kecerahan cahaya.

Tombol Power On/Off Lenovo IdeaPad 720S-13ARR membaur dengan tombol keyboard. Dilengkapi lampu indikator yang mengindikasikan laptop sedang dalam keadaan menyala.

Touchpad diletakkan sejajar dengan tombol spacebar membuat mengetik menjadi lebih nyaman. Pergerakan jari terasa lancar dengan sedikit sekali hambatan pada permukaan touchpad. Sayang sekali tombol klik kiri dan kanan tidak senyaman saat menggunakan touchpad dengan tombol terpisah.

Lenovo IdeaPad 720S-13ARR dilengkapi sensor sidik jari untuk keamanan login Windows lebih baik dibandingkan hanya sekedar password atau PIN.

Penampang sisi bawah Lenovo IdeaPad 720S-13ARR dengan dua lubang ventilasi di dekat kaki penyangga depan untuk speaker dan lubang ventilasi udara masuk di dekat kaki penyangga belakang.

Lubang ventilasi tempat masuknya udara segar ke dalam laptop. Pada sisi dalam lubang ventilasi dilengkapi jaring tambahan yang dapat mencegah serangga mudah masuk ke dalam laptop.

Komponen internal Lenovo IdeaPad 720S-13ARR. Tampak komponen baterai memakan ruang cukup besar di dalam bodi laptop.

Sistem pendingin Lenovo IdeaPad 720S-13ARR menggunakan satu heatpipe dari bahan tembaga yang mengalirkan panas dari Ryzen 7 2700U menuju dua area pelapasan panas pada sisi kiri dan kanan. Tampak pula pada gambar lempengan logam warna perak disebelah bawah chip Ryzen 7 2700U berada yang menutupi komponen chip memori/RAM DDR4 yang ditanam pada PCB motherboard. Sayang sekali kami tidak menemukan slot SO-DIMM tambahan membuat kapasitas memori/RAM tetap 8 GB dan konfigurasi dual channel memory tidak dapat diaktifkan.

Memang mengejutkan sebuah laptop tipis dengan prosesor hemat daya dilengkapi sistem pendingin dengan dua heatsink dan dua kipas. Desain sistem pendingin seperti ini memang membuat luas total penampang sirip-sirip heatsink yang menerima dan melepas panas menjadi lebih luas dibandingkan hanya menggunakan satu heatsink. Alhasil performa pendinginan tidak perlu dikorbankan meskipun menggunakan bodi yang sangat tipis.

Di balik lepengan logam persegi panjang pada sisi sebelah bawah kipas menjadi tempat SSD M.2 PCIe 3.0 x4 NVMe berada. Laptop ini dilengkapi SSD Samsung PM981 MZVLB512HAJQ.

Lenovo IdeaPad 720S-13ARR menghadirkan solusi audio dari JBL dengan dua buah speaker.

Lenovo IdeaPad 720S-13ARR dilengkapi baterai dengan kapasitas 48 Wh.

Wireless card Realtek 8821CE yang menyediakan konektivitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.1

Perangkat catu daya Lenovo IdeaPad 720S-13ARR mampu menyuplai daya hingga 45 Watt. Power adapter ini menggunakan konektor Type-C USB.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES