in: Storage Devices | May 15, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: Samsung 970 EVO M.2 NVMe 1 TB

Pada akhir April lalu, Samsung kembali menggebrak persaingan pasar SSD consumer dengan memperkenalkan keluarga terbaru dari SSD M.2 NVMe andalannya yaitu 900 Series. SSD dengan mengusung form factor M.2 2280 milik Samsung ini diberi nama 970 Series yang tentunya merupakan generasi terbaru dari seri sebelumnya, 960 Series. Selain menawarkan dua versi pilihan, antara lain EVO dan PRO serta beberapa pilihan kapasitas, Samsung mengemas SSD barunya ini dengan spesifikasi terbaru dan memiliki ketahanan lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Seperti yang sempat kami informasikan melalui kehadiran Samsung 970 Series ini minggu lalu, salah satu seri SSD dari Samsung ini telah hadir di meja pengujian kami, SSD Samsung 970 EVO. Ingin tahu lebih jauh tentang SSD terbaru dari Samsung ini? Berikut kami hadirkan hasil ulasan lengkapnya untuk Anda.

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak belakang

Paket penjualan SSD Samsung 970 EVO 1 TB

Dalam paket penjualan yang tersaji, kali ini Samsung mencoba memberikan tampilan yang berbeda dari seri-seri sebelumnya. Bila sebelumnya tidak disertakan penutup, kali ini pada SSD Samsung 970 EVO dilengkapi penutup dari plastik mika. Buku panduan yang menjadi pelengkap dari paket penjualannya juga tetap turut disertakan dan kini diletakan di bawah SSD.

Paket penjualan yang tersaji dari 970 EVO ini mungkin memang terlihat minim. Akan tetapi, Samsung melengkapi beberapa dukungan lengkap, mulai dari driver NVMe dan Magician Software yang dapat Anda peroleh dengan mengunduhnya melalui situs resmi Samsung.

Samsung 970 EVO 1 TB

Saat pertama kali diperkenalkan, pihak Samsung menyatakan bahwa SSD Samsung 970 Series ini hadir dengan standar dan spesifikasi terbaru dibanding seri terdahulunya. Samsung 970 EVO ini merupakan generasi kedua dari 900 Series yang menawarkan performa tinggi melalui spesifikasi terbaru. SSD ini mengandalkan chip V-NAND Samsung 64 Layer 3D TLC dan dipadankan dengan kontroler terbaru Samsung, yakni Samsung Pheonix.

Untuk urusan performa, perpaduan antara chip V-NAND Samsung 64 Layer 3D TLC dan kontroler Samsung Pheonix diklaim mampu menawarkan kecepatan sequential read hingga 3,500 MB/s dan kecepatan sequential write hingga 2500 MB/s. Kemampuan yang dicapai SSD ini juga berkat penggunaan antarmuka PCI Express 3.0 x4 (theoretical bandwidth 3940 MB/s) dan tentunya telah dilengkapi dengan protokol NVMe.

Samsung 970 EVO yang mampir ke meja pengujian kami ini memiliki kapasitas 1 TB. SSD ini. Peningkatan yang signifikan dari Samsung 970 EVO 1 TB ini terlihat dari tingkat daya tahan yang ditawarkannya mencapai hingga 600 TBW. Lebih tinggi dibanding seri terdahulu dengan kapasitas yang sama yaitu Samsung 960 EVO 1 TB yang hanya mencapai 400 TBW.

SSD Samsung 970 EVO ini juga memiliki rancangan yang sama seperti seri terdahulu dengan menghadirkan teknologi Dynamic Thermal Guard. Teknologi ini mampu untuk mempertahankan performa maksimal bahkan pada saat kondisi ekstrim sehingga mampu mencegah terjadinya overheating saat beroperasi.

Samsung menyediakan 4 pilihan kapasitas untuk 970 EVO ini di antaranya 250 GB, 500 GB, 1 TB dan 2 TB. Beberapa feature esensial seperti, Intelligent TurboWrite, TRIM, Garbage Collection, Device Sleep dan Enkripsi AES 256-bit juga telah disematkan pada Samsung 970 EVO ini. Mulai penasaran dengan performa pada SSD yang memiliki MTBF 1.5 juta jam ini? Berikut hasil pengujiannya kami hadirkan untuk Anda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES