in: News | May 24, 2018 | by: Chandra Wijaya

Samsung Persiapkan Transistor 7nm dan Produksi Transistor dengan Teknologi EUV

Samsung yang pada saat ini berposisi sebagai fabrikan semiconductor terbesar di dunia sedang mempersiapkan perancangan produksi semiconductor mereka hingga 3nm. Samsung sendiri memberikan detil roadmap proses fabrikasi yang ingin mereka kerjakan pada 3rd Annual US Samsung Foundry Forum. Pada acara tersebut Samsung menyatakan bahwa mereka ingin berusaha “Membuat kehidupan manusia jauh lebih baik dengan cara yang baru dan tidak pernah dipikirkan sebelumnya” dalam konteks teknologi. Dengan semakin kecil proses fabrikasi semiconductor hal ini akan membuat Samsung memimpin proses fabrikasi untuk beberapa tahun kedepan.

Kemudian juga dengan Samsung berusaha untuk membuat proses fabrikasi mereka semakin kecil, Samsung juga menjadwalkan penggunaan proses Extreme Ultra Violet (EUV) semiconductor untuk keperluan produksi setelah Q2 tahun 2018 ini. Dengan produk nyata dari proses EUV tersebut akan hadir sebelum Q2 tahun 2019.

EUV lithography sendiri merupakan cara untuk membuat desain silikon yang kompleks dengan proses fabrikasi yang semakin kecil. Proses EUV ini sendiri juga sangat diharapkan untuk bisa, mensimplifikasi proses manufacturing, dan memangkas harga produksi. Untuk Samsung berusaha untuk menggunakan EUV, hal ini merupakan keputusan yang sangat menarik. Terutama untuk Samsung berusaha mengadopsi EUV manufacturing secepat ini.

Dengan proses pengadopsian yang secepat ini, sangat diyakinkan Samsung tidak akan membuat 7nm node untuk desain secara keseluruhan. Dan berdasarkan info dari Global Foundries, penggunaan 7nm node ini mungkin hanya digunakan untuk bagian “non-crucial” pada desain transistor.

Tags: