in: News | June 14, 2018 | by: Friska Suryawinata

Alibaba: Sistem Integrasi Perangkat Pintar akan Kian Menguat

Hari Kamis (14/6) merupakan hari kedua dari digelarnya ajang tahunan CES Asia 2018 di Shanghai, Tiongkok. Setelah kemarin terdapat keynote dan briefing dari beragam vendor besar, hari kedua ini pun diawali dengan keynote dari perusahaan besar di Tiongkok, Alibaba. Lewat keynote hari kedua ini, Alibaba memaparkan beragam informasi dan teknologi AI yang sudah mereka miliki saat ini, sekaligus menjelaskan ide dan strategi ke depan untuk teknologi yang mereka miliki tersebut.

“Sebelumnya di CES Las Vegas, Alibaba telah menjalin kerja sama dengan MTK dan SIG dalam membangun sebuah Bluetooth Mesh Module, yang kini sudah diproduksi untuk konsumen di dunia. Melalui perangkat module ini, pengguna bisa memiliki sebuah module yang lebih efisien secara harga dan performa, juga lebih cepat ketika hendak menghubungkan di beberapa perangkat sekaligus,” jelas Miffy Chen selaku Head of Alibaba A.I. Labs yang berbicara dalam keynote Kamis pagi ini.

Alibaba juga telah memiliki sebuah AI service platform yang mampu mendukung teknologi pengenal suara dan gambar yang semakin ditingkatkan. Chen juga berbincang bagaimana AI dan IoT merupakan hal yang dapat saling bersinergi satu dengan yang lain untuk menciptakan sebuah layanan atau perangkat yang dapat membantu kehidupan manusia sehari-harinya melalui mesin.

“Dengan mesh module yang kami hadirkan, bersama dengan teknologi AI kami TMall Genie AI Union, menghubungkan perangkat akan jauh lebih mudah dan cepat, sehingga penggunanya bisa menghemat waktu dan pekerjaan lebih efisien karenanya,” lanjut Chen. Untuk informasi tambahan, Tmall Genie sendiri merupakan bentuk dari smart speaker yang mirip dengan Echo atau Alexa, dan berfungsi sebagai asisten personal bagi para penggunanya. Melalui Tmall Genie AI Union, memungkinkan beragam perangkat lainnya untuk bisa saling terhubung bersama dengan Tmall Genie ini, sehingga perintah atau kontrol mesin akan lebih mudah dengan fitur pengenal suara.

Sebagai contoh pertama, Chen menggambarkan bagaimana seluruh sistem lampu di dalam sebuah kantor atau perumahan bia lebih efektif dan efisien dengan bergantung kepada platform TMall Genie. Sistem lampu yang saling terhubung tersebut bisa dimatikan maupun dinyalakan, tergantung perintah suara si pemiliknya. “Dengan begini, pengguna pun tidak perlu harus belajar banyak mengenai teknologi ini, karena memiliki kemudahan dalam pengoperasian, juga semua orang bisa menggunakannya dengan perintah suara.”

Pihak Alibaba mengutarakan bahwa memang sistem integrasi ini belum maksimal seperti yang dibayangkan untuk saat ini. Namun pihaknya cukup positif bahwa teknologi ini akan mampu berkembang pesat di masa depan untuk membangun sistem integrasi pada ekosistem yang lebih baik lagi.

“Ini hanya menjadi titik awal kami. Di masa mendatang, kami akan terus menghadirkan beragam inovasi yang lebih interaktif dan imaginatif bagi para penggunanya, guna memberikan kehidupan yang lebih baik.”

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES