in: News | June 22, 2018 | by: Tim Jagat Review

AMD Akan Ubah Nama “FreeSync 2” Menjadi “FreeSync 2 HDR”

Karena dirasa terlalu membingungkan, AMD disebut berniat mengganti nama teknologi Adaptive Sync terbaru mereka, FreeSync 2. Berdasarkan wawancara dengan salah satu media, perwakilan AMD menyebutkan mungkin saja teknologi tersebut akan disebut sebagai FreeSync 2 HDR. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kebingungan konsumen akan penamaan teknologi tersebut.

AMD menawarkan FreeSync 2 sebagai peningkatan dari FreeSync pada tahun 2016 lalu. Memang, kedua teknologi tersebut sama-sama menawarkan Adaptive Sync sebagai suguhan utama. Namun, ada beberapa perubahan yang membuat FreeSync 2 lebih menarik. Salah satunya adalah dukungan untuk low framerate compensation dan HDR 600.

Selain dukungan untuk HDR 600 sesuai standar VESA, AMD juga mewajibkan produsen monitor yang ingin merilis monitor FreeSync 2 untuk memenuhi color gamut 99% BT.709 dan 90% DCI P3. Hal ini dimaksudkan agar monitor FreeSync 2 bisa menawarkan warna yang lebih baik, lebih sesuai untuk HDR 600. Karena itulah, AMD merasa mereka perlu mengubah nama FreeSync 2 menjadi FreeSync 2 HDR.

Sejauh ini, belum diketahui kapan kebijakan AMD ini mulai diberlakukan. Untuk saat ini, monitor yang mendukung FreeSync 2 sendiri masih jarang. Namun, melihat minat terhadap monitor HDR yang makin meningkat di era saat ini, bukan tidak mungkin ke depan akan makin banyak produsen monitor yang menawarkan produk mereka yang menggunakan teknologi FreeSync 2 HDR ini.

Tags: