in: News | June 22, 2018 | by: Tim Jagat Review

Asus dan Acer Gunakan Color Compression di Monitor G-Sync HDR

Asus dan Acer sebagai produsen monitor ternama, dikabarkan secara diam-diam mengaktifkan fitur color compression pada monitor G-Sync HDR milik mereka. Hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan kualitas tampilan dan warna yang tidak seharusnya.

Laporan ini didapat melalui pengguna monitor G-Sync HDR dari Asus dan Acer melalui forum Reddit. Para pengguna yang menggunakan monitor G-Sync dari Asus dan Acer saat dalam keadaan refresh rate tinggi di antara 120 Hz atau 144 Hz, pengguna menemukan kualitas gambar dan warna yang menurun tidak seperti yang seharusnya.

Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata penyebabnya adalah mayoritas monitor 4K HDR G-Sync dari Asus dan Acer menerapkan apa yang disebut dengan metode color compression. Sehingga hal tersebut dapat mengubah kualitas gambar dari default 4:4:4 chroma subsampling menjadi 4:2:2 chroma subsampling. Untuk menggunakan seperti sedia kala, pengguna harus mengubah refresh rate menjadi 4K 60Hz.

Pengguna yang merasakannya bahkan membuat komparasi untuk menilai seberapa jauh perbedaan keduanya, dan hasilnya ternyata lumayan terasa. Mengingat harga monitor 4K HDR G-Sync yang sangat mahal saat ini, pengguna dikabarkan merasa menyayangkan akan metode color compression tersebut.

Berdasarkan hasil diskusi pengguna, ditemukannya hal ini terjadi dikarenakan bandwidth yang ada pada DisplayPort 1.4 dan juga HDMI 2.0 masih belum mencukup untuk kebutuhan monitor 4K HDR G-Sync. HDMI 2.1 dengan bandwidth yang lebih tinggi, dinilai dapat memperbaiki masalah tersebut.

Masalah ini baru hadir pada monitor 4K HDR G-Sync. Pihak Nvidia belum menanggapi akan masalah tersebut.

Tags: