ASUS Perkenalkan Periferal PC Lini Republic of Gamers Terbaru

Reading time:
June 5, 2018

Selama ini, kita lebih banyak mengenal produk Republic of Gamers dari ASUS berupa komponen PC (motherboard dan graphics card), desktop, serta laptop. Namun, ASUS masih memiliki banyak perangkat ROG, mungkin lebih banyak dari yang biasa kita ketahui, seperti misalnya gaming gear dan juga perangkat jaringan. Kini, ASUS kembali mencoba memperluas jangkauan dari Republic of Gamers, dengan menghadirkan beberapa jenis perangkat baru, seperti PSU dan Watercooling AIO!

ASUS ROG Feat. Image
Chairman ASUS, Jonney Shih, saat membuka acara ASUS ROG

PSU dan Watercooling dari keluarga ROG itu diperkenalkan di acara bertajuk “For Those Who Dare”, yang digelar di hari tepat sebelum Computex 2018 resmi dibuka. Di acara tersebut, selain periferal baru, ASUS juga memperkenalkan berbagai produk ROG lain, sebagian sudah bisa Anda lihat di artikel terpisah yang sudah kami muat. Namun, untuk jajaran periferal, kami akan membahasnya dalam artikel ini, dimulai dari PSU yang mereka beri nama ROG Thor!

Thor: PSU Platinum dengan Daya Besar

Untuk PSU, ASUS menawarkan ROG Thor 1200W Platinum. Melihat nama tersebut, kita tentu sudah bisa membayangkan PSU dengan desain khas lini ROG, dengan kapasitas daya 1200 Watt dan sertifikasi 80+ Platinum. Tentu saja, bukan daya besar saja yang menjadi andalan ASUS untuk PSU perdana mereka ini.

ASUS ROG Thow 1200W Platinum
Angka “16W” di PSU menunjukkan berapa daya output aktual PSU, ditampilkan di layar OLED.

ASUS menawarkan fitur yang mendukung posisi produk ini di keluarga ROG untuk menambah daya tarik ROG Thor 1200W Platinum ini, seperti tata cahaya AURA Sync. Selain itu, ASUS juga menyertakan layar OLED di salah satu sisi samping PSU tersebut, yang berfungsi untuk menampilkan daya output dari PSU. Terdapat juga fan wing-blade 135 mm di PSU ini yang hadir dengan sertifikasi IP5X untuk ketahanan terhadap debu, serta mengusung 100% Japanese Capacitor.

Ryujin dan Ryuo: Siap Jinakkan Panas Prosesor

Beralih ke jajaran Watercooling AIO, ASUS menawarkan empat buah perangkat yang masuk ke keluarga ROG, yaitu Ryujin 360, Ryujin 240, Ryuo 240, dan Ryuo 120. Menawarkan AURA Sync dan layar OLED 1.77″ yang bisa menampilkan beberapa status sistem, Ryujin dan Ryuo terlihat cukup berbeda dari kebanyakan watercooling yang ada saat ini, seperti untuk statistik sistem saat beroperasi. Layar OLED 1.77″ yang tersedia di antaranya bisa menampilkan beberapa data seperti suhu, serta bisa juga diatur agar menampilkan animasi dalam format GIF.

ASUS ROG Ryujin 240
Logo “ROG” ditampilkan di layar OLED di penutup waterblock dan kipas pendingin

Ryujin juga hadir dengan fan yang diletakkan di waterblock, yang diharapkan bisa memberikan kemampuan pendinginan yang lebih baik untuk komponen di sekitar soket prosesor, seperti VRM dan MOSFET, serta juga SSD M.2. Sesuai dengan namanya, Ryujin 360 menggunakan radiator dengan panjang 360 mm, sementara Ryujin 240 menggunakan radiator 240 mm. Radiator itu didukung oleh kipas 120 mm, 3 buah untuk Ryujin 360 atau 2 buah untuk Ryujin 240. Menariknya, kipas yang digunakan berasal dari salah satu produsen perangkat pendingin populer, Noctua. ASUS juga menggunakan sleeving di tube untuk meningkatkan durabilitasnya.

 

ASUS ROG Ryou 240Sementara untuk Ryuo, kedua produk di lini ini didesain sebagai Watercooling AIO berukuran ringkas, dengan radiator 240 mm atau 120 mm. Kipas yang digunakan bukan berasal dari Noctua, tetapi tetap dioptimasi untuk airflow dan static pressure, yang memang dibutuhkan oleh radiator. Sayangnya, tidak seperti Ryujin, perangkat ini tidak dibekali dengan kipas di waterblock.

Router Rapture dengan WiFi AX!

Memang, gaming router ROG Rapture bukan merupakan lini produk baru karena ASUS telah menawarkan produk Rapture GT-AC5300. Namun, di Computex 2018 ini, ASUS menambah satu lagi produk ROG Rapture, yaitu GT-AX11000. Sesuai namanya, router ini menawarkan dukungan untuk standar penerus WiFi AC, WiFi AX, yang disebut menjanjikan data rate 2.53x dari router WiFi AC 4×4 pada umumnya.

ASUS ROG Rapture GT AX11000

Sesuai posisinya sebagai router gaming, ROG Rapture GT-AX11000 ini dibekali ASUS dengan tiga fitur penting yang disebut akan mendukung gamer memainkan game online kesayangan mereka. Pertama adalah “gaming port” 2.5 GbE, yang mampu menawarkan kecepatan 2.5x dari GbE standar. Kedua, terdapat tombol khusus untuk “Game Boost”, di mana router akan bisa memberikan prioritas lebih untuk paket-paket dari aplikasi game. Terakhir, ada Game Private Network, yang disebut membantu mendapatkan jalur terpendek antara PC pengguna ke server game, sehingga memastikan latency rendah, yang tentunya akan meningkatkan kenyamanan gamer dalam bermain game online.

Monitor Gaming 27″ 4K HDR G-Sync

Satu monitor gaming baru, ROG Swift PG27UQ, juga ditampilkan oleh ASUS. Monitor tampaknya akan menjadi produk dengan kelas tertinggi untuk monitor gaming yang ditawarkan oleh ASUS, karena hadir dengan segudang fitur pendukung gaming yang menarik. Mengusung layar 27″, monitor ini mendukung resolusi 4K UDH, dengan refresh rate 144 Hz, dukungan untuk tampilan G-Sync HDR, serta panel IPS dengan Quantum Dot. Semua fitur itu tentu saja akan membuat ROG Swift PG27UQ ini menjadi monitor gaming yang menawarkan kualitas yang tinggi, mendukung kenyamanan gamer.

ASUS ROG SWIFT PG27UQ

Gaming Gear ASUS ROG Terbaru

Di lini gaming gear, pertama, ASUS memperkenalkan ROG Delta, headset gaming dengan Quad-DAC HiFi Grade ESS 9218, yang disebut bisa membantu penggunanya mendapatkan informasi suara yang sangat detail, dengan Signal-to-Noise Ratio (SNR) tinggi, sehingga memberikan gambaran posisi yang sangat detail. Headset ini juga hadir dengan bodi ringan tetapi kuat, efek RGB rainbow di earcup, serta konektivitas USB Type C. ASUS menyebutkan bahwa headset ini cocok untuk mendukung ROG Phone, serta tentunya gamer PC kompetitif.

ASUS ROG Delta

Berikutnya, ada mouse pad Batleus Qi, yang sesuai namanya menawarkan wireless charging Qi dan efek tata cahaya RGB. Di mouse pad ini, kapabilitas wireless charging tentu saja membuatnya cocok digunakan bersama mouse wireless yang memiliki dukungan Qi. Mouse pad ini juga memiliki port USB 2.0 pass through untuk ekstensi port USB di PC.

ASUS ROG Gladius II Wireless

Terakhir, terdapat mouse Gladius II Wireless, yang mungkin sudah bisa ditebak, menawarkan konektivitas wireless, baik 2.4 GHz maupun Bluetooth low-latency. Mouse ini juga dibekali dengan AURA Sync, untuk tata cahaya RGB, serta memiliki desain yang ergonomis, mendukung kenyamanan gamer. Menariknya, ASUS juga menyebutkan bahwa mouse ini juga dibekali soket khusus untuk switch-replacement, sehingga pengguna bisa menggunakan switch favorit mereka untuk tombol-tombol yang ada.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…