in: News | June 25, 2018 | by: Dian Syarifuddin

China Kembangkan Drone Berbentuk Burung Merpati

Drone yang ada di pasaran saat ini mungkin sangat mudah untuk dikenali oleh sebagian besar orang. Akan tetapi, bagaimana jika drone dirancang hadir dalam bentuk yang unik, misalnya berwujudkan mirip seekor burung merpati? Hal inilah yang sedang dilakukan oleh pemerintah China untuk mengembangkan drone berbentuk unik menyerupai seekor burung. Drone unik ini nantinya akan digunakan oleh pemerintah China untuk mengawasi warganya.

Sebelumnya, beberapa tahun terakhir pemerintah agen khusus dan militer dari China sudah melakukan hal serupa dalam mengawasi warganya menggunakan drone. Drone tersebut “didandani” ulang agar terlihat mirip seperti burung sehingga tidak akan menarik perhatian dan sudah digunakan di lima provinsi.

Kini, pemerintah China bekerjasama dengan Universitas Northwestern Polytechnical di Xi’an, sedang mengembangkan sebuah drone yang dirancang benar-benar mirip seperti burung merpati. Program pengembangan drone ini diberi nama Dove dan dipimpin langsung oleh Song Bifeng, selaku profesor dari universitas tersebut. Profesor Song Bifeng sebelumnya dikenal sebagai ilmuwan saat mengembangkan jet tempur siluman pertama di Asia generasi kelima.

Drone unik yang sedang dikembangkan oleh profesor Song ini dirancang agar dapat terbang dengan mengepakan sayapnya yang terhubung dengan mesin motor elektrik mungil yang terpasang di badannya. Drone ini juga bakal dilengkapi dengan kamera beresolusi HD, antena GPS, flight control system dan data link yang memiliki kemampuan teknologi komunikasi satelit.

Menurut berita yang kami kutip dari CNET, Yang Wenqing yang merupakan salah satu anggota tim dari Profesor Song Bifeng mengungkapkan bahwa Drone ini nantinya berpotensi sangat penting di masa depan dan keuntungan, khususnya di sektor militer dan sipil. “Drone unik ini juga akan terus dikembangkan dengan teknologi pintar lainnya seperti facial recognition, Artificial Intelligent dan teknologi lainnya”, ujar Yang Wenqing.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES