in: News | June 7, 2018 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Computex 2018 MSI Component Update: B450, X399, M.2 Xpander Aero, RX MECH Series

Ajang Computex 2018 pastinya menjadi tempat yang cocok bagi para vendor hardware PC untuk memamerkan beragam produk baru yang mereka miliki. Berikut ini beberapa produk komponen desktop dari MSI yang menurut kami layak jadi highlight.

 

B450 Motherboard

 

Ya, motherboard bersoket AM4 dengan chipset B450 nampaknya sudah selesai di-design dan sebentar lagi akan tersedia bagi pengguna platform AMD Ryzen. MSI sendiri mengatakan bahwa motherboard B450 ini tidak akan mengganti B350 secara keseluruhan, karena mereka direncanakan untuk ada di posisi market yang berbeda, dimana B450 akan diposisikan untuk menjadi motherboard kelas menengah ke atas, sedangkan motherboard yang value-oriented akan masih sebagian diisi dengan chipset B350-nya.

MSI memajang B450 Tomahawk dan B450-A PRO di booth-nya, simak detail-nya pada artikel ini.

 

X399 MEG Creation

Motherboard berikutnya yang menarik perhatian kami adalah MSI X399 MEG Creation, sebuah motherboard X399 yang akan menjadi motherboard X399 seri teratas dari MSI.

Desain board ini memiliki target spesifik, yakni membuat motherboard X399 dengan beragam upgrade, terutama dari sisi power design dan overclocking-nya. Pembahasan motherboard ini dapat Anda temukan pada Link berikut ini.

 

MSI M.2 EXPANDER AERO

Selain komponen desktop seperti motherboard, MSI juga nampak berkonsentrasi pada sebuah produk untuk solusi storage super-kencang dengan memperkenalkan MSI XPANDER-AERO. Ya, ini adalah sebuah perangkat untuk memasangkan hingga 4 buah M.2 SSD, dilengkapi dengan thermal sensor untuk memonitor suhu, dan sebuah pendingin besar, seukuran sebuah pendingin kartu grafis mini-ITX.

 

Tentu, performa-nya akan sangat bergantung pada SSD yang dipasangkan padanya. MSI sedikit berbaik hati untuk menampilkan hasil benchmark dari sebuah XPANDER AERO berisi 4(empat) buah Intel SSD 905P.Skor benchmark sintetisnya lumayan mengerikan ya?

MSI menginformasikan bahwa card M.2 XPANDER AERO ini ada kemungkinan di-bundle dengan motherboard tertentu, namun mereka juga bisa menjualnya terpisah.

 

MSI RX MECH Series

Berikutnya, meski tidak terlalu banyak yang berubah pada dunia seputar kartu grafis, MSI memberikan sedikit update yakni seri Radeon RX MECH series. MECH series ini dilengkapi dengan TORX 2.0 Fan dan beberapa teknologi khas VGA MSI, seperti Zero Frozr (fan mati ketika suhu rendah).  Sementara ini RX MECH Series hanya ditawarkan dengan chip GPU RX 570 / RX 580. MECH series sendiri akan diposisikan di atas ARMOR series, di bawah GAMING series.

Berikut penampilan dari sebuah RX 570 MECH 8GB: