in: News | June 7, 2018 | by: Jagat Review

Computex 2018 MSI Notebook Update II: GAMING Laptop – MSI GF63 & GE73 Raider RGB

Nama MSI tidak asing dihubungkan dengan Gaming Laptop. Setiap tahun-nya pada ajang Computex, MSI selalu berusaha memberikan beberapa update pada produk andalan-nya tersebut. Berikut ini beberapa update yang kami terima pada Computex 2018.

 

MSI GF63 : Thin Bezel Display

Produk yang kami lihat pada gaming series di MSI pertamakalinya adalah GF series, yang memiliki salah satu keunggulan seperti layar 15.6″ dengan thin bezel. Laptop GF Series ini diposisikan pada kelas menengah/mainstream, yang berarti di bawah GP series yang mengedepankan performa, dan di atas GL series yang mengedepankan value.

MSI mengatakan bahwa GF63 ini akan mendukung penggunaan prosesor hingga Core i7 8th Gen H-series, ini berarti pemakaian prosesor Core i7-8750H 6-core bisa dilakukan pada laptop yang berbobot di bawah 2kg ini, Pemrosesan grafis dilakukan dengan GeForce GTX 1050 Ti yang nampak sesuai dengan target kelas notebook tersebut.

Seperti yang kami sebut di atas, salah satu poin kelebihan notebook ini adalah bezel-nya yang tipis, membuat area layar terlihat luas, dan bentuk fisik notebook-nya tidak terlampau ‘melebar’. Simak tampilannya berikut ini:

 

Mengingat laptop ini mengizinkan pemasangan berbagai komponen beperforma tinggi, tentu solusi cooling juga diperhatikan. Bagian bawah notebook penuh terpasang dengan mesh/ lubang untuk menjaga airflow yang memadai.

 

 

MSI GE73 Raider RGB: Dengan per-key RGB Lighting

Berikutnya, kita bisa melhat MSI GE73 Raider RGB yang diposisikan pada kelas high-end (atau MSI menyebutnya ‘Enthusiastic Gaming’).

Seperti layaknya pada kelas high-end yang berukuran agak besar, GE73 Raider RGB memiliki konfigurasi penggunaan hingga Core i7 8th Gen ‘Coffee Lake’ H-series (seperti i7-8750H 6-Core), dilengkapi dengan Kartu Grafis GeForce GTX 1070 8GB. Memastikan pengalaman gaming maksimal, MSI memberikan opsi display 1080p 120Hz 3ms, atau nantinya juga akan ada opsi 4K display(tapi bukan 120Hz).

Notebook sekelas ini pastinya juga dilengkapi dengan cooler beperforma maksimal, seperti teknologi MSI Cooler Boost 5.

Faktor spesial dari GE73 Raider RGB, tentunya adalah Steelseries RGB keyboard, dengan per-Key RGB Lighting. Pengguna dapat mendapatkan kustomisasi maksimal per tombol keyboard.

 

 

 

Bonus – GT75 Titan: Diupgrade dengan Core i9-8950HK

Pembahasan gaming laptop MSI akan belum lengkap rasanya kalau kami belum membahas GT75 Titan, sebuah notebook kelas desktop-replacement dengan spesifikasi ‘monster’ dan fitur mewah dan melimpah.

Seperti yang bisa dilihat di atas, bentuk fisik GT75 Titan masih akan sama dengan versi sebelumnya, namun versi baru-nya akan mendukung penggunaan Intel Core i9-8950HK, sebuah prosesor notebook dengan 6-core 12-thread, yang masih bisa di-overclock! Konfigurasi GPU juga masih menngizinkan sebuah GeForce GTX 1080 8GB GDDR5X untuk dipasang. Semua ini bisa dijalankan dengan tingkat suhu yang masuk akal berkat bantuan solusi pendingin Cooler Boost Titan.

Layar-nya sendiri memiliki opsi 1080p 120Hz 3ms, atau 4K 60Hz. Dan sesuai dengan yang dulu sudah ada, GT75 Titan memiliki keyboard mechanical besutan SteelSeries, bernama SteelSeries Rapid Mechanical RGB Keyboard. Keyboard mekanik dengan per-key RGB Lighting.

Tentu, notebook ini akan kompatibel dengan software MSI Dragon Center yang akan menyediakan fitur monitoring hardware, hingga ke berbagai setting performance termasuk overclocking.

Tags:

Share This: