in: News | June 9, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On VGA External Gigabyte Aorus RX 580 Gaming Box di Computex 2018

Gigabyte Aorus Gaming Box, produk modul graphics card eksternal andalan Gigabyte tersebut belum lama ini memiliki varian ketiganya. Setelah sebelumnya hadir dengan graphics card GTX 1070 dan GTX 1080, Gigabyte Aorus Gaming Box terbaru menghadirkan graphics card Radeon RX 580 8 GB di dalamnya. Menariknya, Gigabyte Aorus RX 580 Gaming Box tidak hanya siap untuk laptop dengan sistem operasi Windows tetapi juga siap menyulap MacBook menjadi sistem gaming yang siap melahap game keluaran terbaru sekalipun. Dalam kunjungan kami ke VIP Room Gigabyte Aorus di gedung Taipei 101, kami pun mendapatkan kesempatan untuk melihat lebih dekat wujud Gigabyte Aorus RX 580 Gaming Box tersebut.

Desain casing Gigabyte Aorus RX 580 Gaming Box tampak tidak banyak berbeda dengan dua produk sebelumnya. Untuk menciptakan produk ini tampaknya Gigabyte Aorus tetap menggunakan unit yang sama dengan perubahan hanya pada komponen graphics card saja. Akan tetapi tidak seperti dua varian sebelumnya yang menggunakan produk GTX 1080/GTX1070 MiniITX yang memang dapat dibeli dipasaran, Gigabyte Aorus sepertinya merancang khusus graphics card RX 580 dengan form factor mini-ITX dengan ukuran PCB dan sistem pendingin lebih kecil yang cocok untuk casing modul VGA eksternal ini. Sistem pendingin tampak menggunakan satu kipas dengan komponen heatsink menutupi seluruh permukaan PCB. Kami sendiri tidak menjumpai graphics card RX 580 dari Gigabyte Aorus yang dijual dipasaran saat ini yang memiliki ukuran tidak lebih dari 16,9 cm. Mungkinkah Gigabyte Aorus akan menjual secara terpisah graphics card RX 580 tersebut mengingat ukurannya yang akan menarik minat pecinta sistem mini-ITX.

Tidak seperti modul VGA eksternal merk lain, Gigabyte Aorus Gaming Box Series menawarkan keunggulan pada ukuran bodi yang mungil hanya sebesar 21,1 x 16,2 x 9,6 cm. Gigabyte Aorus Gaming Box pun menyertakan sebuah tas sehingga mudah dibawa kemanapun. Radeon RX 580 pada Aorus RX 580 Gaming Box memiliki spesifikasi GPU dengan 36 Compute Units, 2304 Stream Processor, 144 Texture Units, dan 32 ROP Units. Sementara kecepatan kerja GPU adalah 1340 MHz pada Gaming Mode (kecepatan kerja standar RX 580) dan 1355 MHz pada OC Mode. Kecepatan kerja memori/VRAM adalah 8000 MHz dengan tipe memori GDDR5 yang memiliki kapasitas 8 GB. Graphics card ditenagai power supply 450 Watt dengan tingkat efisiensi diklaim di atas 90%.

Konektivitas laptop ke Gigabyte Aorus RX 580 Gaming Box menggunakan Thunderbolt 3.0 dengan kemampuan transfer data hingga 40 Gbps. Graphics card RX 580 yang digunakan menyediakan konektor display 1X HDMI dan 3X Display Port dan tentu saja mendukung konfigurasi multi-monitor AMD Eyefinity. Gigabyte Aorus RX 580 Gaming Box pun menyediakan satu konektor Thunderbolt 3, tiga port USB 3.1 Gen 1 (biru), dan satu port USB (jingga) dengan dukungan teknologi Quick Charge 3.0 yang dapat melakukan pengisian daya 4x lebih cepat di perangkat yang mendukungnya. Tidak ada tombol power on/off di Gigabyte Aorus RX 580 Gaming Box karena ia akan aktif saat laptop dinyalakan ataupun kondisi sebaliknya.

Simak pula ulasan Gigabyte Aorus Gaming Box kami sebelumnya:

Review External VGA: Gigabyte AORUS GTX 1070 Gaming Box

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES