in: News | June 11, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On Motherboard AMD Ryzen: Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI

Dalam kunjungan kami ke VIP Room Gigabyte Aorus di gedung Taipei 101 lantai 36, kami sudah memperkirakan akan menemukan motherboard AMD terbaru untuk prosesor Ryzen Threadripper 2. Prediksi kami memang menjadi kenyataan dengan kami jumpainya motherboard Gigabyte X399 Aorus Xtreme. Akan tetapi siapa menyangka jika kami juga menemukan produk motherboard terbaru mereka lainnya yang ditujukan untuk prosesor Ryzen soket AM4 dengan chipset B450, Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI.

Catatan: Pembahasan motherboard ini akan sebatas pada yang ada pada gambar saja dan tidak akan membahas fitur dengan sangat mendetail. Terlebih mungkin saja masih akan perubahan dari apa yang Anda lihat kali ini.

Meskipun menggunakan chipset kelas mainstream B450, penampilan motherboard ini memang tampak sangat berkelas dan tidak seperti apa yang pernah dijumpai pada motherboard chipset B350 sebelumnya. Bahkan saat dilihat secara sekilas, penampilan Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI tampak sangat mirip dengan motherboard kelas atas X470 Aorus Gaming 7 WIFI dengan perpaduan warna hitam dominan dan elemen warna perak di sejumlah bagian serta elemen garis warna jingga. Memang ada kemungkinan Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI dibuat berdasarkan desain serupa X470 Aorus Gaming 7 WIFI, tetapi dengan penyesuaian pada komponen tertentu untuk menyesuaikan kelas produknya.

Akan dirilis setelah Ryzen 2nd Gen muncul dipasaran, Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI tampaknya memang dipersiapkan untuk prosesor AMD tersebut selain tentunya tetap mendukung Ryzen 1st Gen. Soket prosesor masih sama menggunakan tipe AM4. Pada gambar tersebut setidaknya kami melihat 11 buah Choke pada komponen VRM motherboard. Heatsink VRM menggunakan tipe blok alumunium untuk sisi sebelah kiri dan atas soket prosesor tanpa heatpipe penghubung.

Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI mengandalkan satu konektor daya 8-pin untuk menyuplai listrik ke prosesor.

Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI menyediakan empat slot memori/RAM tipe DDR4 dengan dukungan kapasitas hingga 64 GB menggunakan konfigurasi dual channel memory. Tampak di dekat konektor daya 24-pin yang menyuplai listrik ke motherboard, dua buah konektor SATA dengan posisi tegak lurus.

Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI menyediakan tiga slot PCIe x16 dan satu PCIe x1. Tampak slot PCIe x16 pertama diperkuat lempengan logam membuatnya siap menangani graphics card dengan bobot masif. Dapat dijumpai pula dua slot M.2 lengkap dengan heatsink pendingin untuk menjaga SSD selalu berada di performa terbaiknya setiap saat.

Jika dijumlahkan terdapat enam konektor SATA dengan empat di antaranya ada di dekat heatsink chipset dan diposisikan mengarah sisi samping.

Belum diketahui chip audio apa yang akan digunakan Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI tetapi tampaknya akan cukup serius dengan terlihatnya kapasitor audio dari Wima dan Nichicon.

Pada panel belakang Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI dapat dijumpai 4X Type-A USB 3.0, 1X Type-A USB 3.1 1X Type-C USB 3.1, 1X HDMI, 1X DVI-D, 1X RJ45, 5X 3,5 mm audio jack, 1X S/PDIF Out, dan dua konektor untuk antena wireless. Tampaknya pada Gigabyte B450 Aorus Pro WIFI komponen Backpanel I/O Shield akan terpasang langsung pada motherboard sehingga memudahkan saat proses perakitan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES