in: News | June 10, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On Motherboard AMD Ryzen Threadripper: Gigabyte X399 Aorus Xtreme

VIP Room Gigabyte Aorus di gedung Taipei 101 memang selalu menyimpan kejutan untuk pengunjungnya seperti produk motheboard yang belum dipasarkan seperti kami jumpai pada Computex 2018 kali ini. Pada Computex 2018 kali ini memang tidak banyak dijumpai deretan produk motherboard generasi terbaru untuk platform kelas mainstream mengingat baik AMD ataupun Intel telah merilis prosesor mereka sebelum pameran ini berlangssung. Walaupun begitu, siapa menyangka jika Gigabyte Aorus tenyata tengah menyiapkan dua produk motherboard AMD terbaru mereka dimana salah satunya ditujukan untuk prosesor Ryzen Threadripper. Direncanakan untuk hadir dipasaran pada akhir kuartal dua tahun ini, hadirnya motherboard Gigabyte X399 Aorus Xtreme ini rasanya sangat tepat mengingat pada 6 Juni lalu AMD mengumumkan akan hadirnya prosesor terbaru Ryzen Threadripper 2.

Catatan: Pembahasan motherboard ini akan sebatas pada yang ada pada gambar saja dan tidak akan membahas fitur dengan sangat mendetail. Terlebih mungkin saja masih akan perubahan dari apa yang Anda lihat kali ini.

Penampilan Gigabyte X399 Aorus Xtreme tampak sangat elegan dengan perpaduan warna hitam yang dominan dengan elemen warna perak di sejumlah bagian. Motherboard inipun tampak begitu “berisi” dengan deretan komponen seperti itu dan memang terasa lumayan berat saat kami mengangkatnya. Belum diketahui bagaimanakah penempatan kelas produk ini dibandingkan dua motherboard sebelumnya. Akan tetapi dengan penamaan produk seperti itu, dugaan kami saat ini ia akan berada diatas X399 Aorus Gaming 7.

Dengan waktu peluncuran setelah diumumkannya Ryzen Threaripper 2, Gigabyte X399 Aorus Xtreme tampaknya memang dipersiapkan untuk prosesor AMD tersebut dengan sirkuit daya yang lebih baik. Soket prosesor masih sama menggunakan tipe TR4. Pada gambar tersebut setidaknya kami melihat 16 buah Choke pada komponen VRM motherboard. Heatsink VRM tampak menggunakan sirip-sirip alumunium dengan heatpipe penghubung antara area sisi kiri dan atas. Umumnya kami menjumpai heatsink VRM mengunakan blok alumunium. Pada sisi samping soket prosesor dapat dijumpai delapan buah slot memori/RAM DDR4 dengan dukungan kapasitas hingga 128 GB pada konfigurasi quad channel memory.

Gigabyte X399 Aorus Xtreme dilengkapi dua konektor daya 8-pin untuk memastikan suplai listrik mencukupi ke prosesor. Dua konektor tersebut tampaknya memang dibutuhkan mengingat naiknya rating TDP Ryzen Threadripper 2 dibanding pendahulunya.

Konektor daya 24-pin yang menyuplai daya ke komponen motherboard dan konektor Front Panel USB 3.1 di sebelahnya.

Kami menjumpai empat slot PCIe x16 dengan lempengan besi penguat seperti juga digunakan pada slot memori/RAM pada Gigabyte X399 Aorus Xtreme. Tampak pula satu buah slot PCIe x1 dan tiga slot M.2 dengan heatsink pendingin untuk SSD. Pada sisi sebelah bawah heatsink chipset dapat dijumpai Debug LED dua digit untuk memudahkan proses troubleshooting.

Gigabyte X399 Aorus Xtreme menyediakan enam buah konektor SATA selain tiga slot M.2 untuk solusi storage. Disebelah kiri konektor SATA tampak sebuah konektor daya PCIe 6-pin.

Solusi audio Gigabyte X399 Aorus Xtreme tampak akan menggunakan DAC ESS Sabre HiFi yang dilengkapi kapasitor audio khusus seperti motherboard kelas atas milik mereka lainnya.

Pada panel belakang Gigabyte X399 Aorus Xtreme dapat dijumpai 8X Type-A USB 3.0, 1X Type-A USB 3.1 1X Type-C USB 3.1, 3X RJ45, 5X 3,5 mm audio jack, 1X S/PDIF Out, dan dua konektor untuk antena wireless. Dapat dijumpai pula tombol Power On/Off dan Clear CMOS pada sisi ini. Tampaknya komponen Backpanel I/O Shield akan terpasang langsung pada motherboard.

Sisi bawah motherboard Gigabyte X399 Aorus Xtreme tampak diberi lempengan logam untuk menjaga PCB motherboard tetap lurus.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES