in: News | June 8, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On Motherboard Gigabyte Z370 Aorus Gaming 7-OP: “Gratis” Intel Optane Memory 32 GB

Pengujian kami pada teknologi Intel Optane Memory belum lama ini memang menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Teknologi Intel Optane Memory sukses menyulap sistem dengan HDD 5400 RPM sekalipun menjadi sekencang dan seresponsif sistem berbasis SSD. Membuatnya sangat cocok untuk pengguna yang mengiginkan sistem dengan kapasitas penyimpanan masif dengan performa dan responsivitas tinggi tanpa perlu mengeluarkan dana besar untuk membeli SSD kapasitas besar. Tidak aneh jika kemampuan unik Intel Optane Memory tersebut membuat banyak pengguna tergiur untuk menggunakannya.

Untuk pengguna yang ingin menikmati teknologi Intel Optane Memory tanpa perlu direpotkan dalam memilih tipe motherboard yang mendukung, belum lama ini Gigabyte mengumumkan hadirnya empat varian motherboard terbaru mereka yang langsung memberikan modul SSD Optane Memory saat pengguna membelinya. Tidak tanggung-tanggung, Gigabyte langsung menanamkan modul SSD Optane Memory dengan kapasitas paling besar saat ini, 32 GB. Menariknya motherboard tersebut telah mendukung arsitektur Core i7+/Core i5+ sehingga tidak hanya mampu mengakselerasi storage utama tempat sistem operasi berada tetapi juga secondary storage yang sering digunakan untuk menumpuk data. Empat varian motherboard tersebut adalah Z370 Aorus Gaming 7-OP, Z370 Aorus Ultra Gaming WIFI-OP, Z370 Aorus Ultra Gaming 2.0-OP, dan Z370 HD3-OP.

Dalam kunjungan kami ke VIP Room Gigabyte di Taipei 101, kami pun mendapatkan kesempatan emas untuk mengenal lebih dekat motherboard Z370 Aorus Gaming 7-OP yang menempati kasta paling tinggi. Penampilan motherboard ini tampak gagah dan menawan dengan kombinasi warna-warna gelap. Untuk menampilkan warna cerah Z370 Aorus Gaming 7-OP mengandalkan cahaya yang dihasilkan lampu LED yang terpasang di sekujur motherboard. Z370 Aorus Gaming 7-OP sendiri menggunakan form factor ATX dengan ukuran 30,5 x 24,4 cm. Membuatnya kompatibel dengan kebanyakan casing ATX yang ada di pasaran.

 

Modul SSD Optane Memory pada Z370 Aorus Gaming 7-OP langsung terpasang di slot M.2 pertama yang ada di dekat soket prosesor. Menariknya lagi, modul SSD Optane Memory langsung dilengkapi heatsink pendingin sehingga temperatur tetap ada pada batas normal yang membuat performa tetap prima selama pemakaian.

Komponen VRM motherboard Z370 Aorus Gaming 7-OP memadukan Digital PWM Controllers, Smart Power Stage Controllers, dan Servel Level Chokes untuk memastikan pasokan daya listrik ke prosesor yang stabil dan presisi sesuai dengan dibutuhkan. Masing-masing area komponen VRM pada sisi kiri dan atas dilengkapi heatsink yang dihubungkan satu buah heatpipe. Memastikan komponen VRM selalu dalam kondisi prima bahkan pada kondisi beban kerja paling tinggi sekalipun.

Pasokan daya listrik ke prosesor didapatkan melalui satu konektor daya 8-pin ini.

Z370 Aorus Gaming 7-OP menyediakan empat slot memori/RAM DDR4 dengan kapasitas maksimal 64 GB dan kecepatan hingga 4133 MHz. Tampak pula dua konektor Front Panel untuk USB 3.1 dan USB 3.0 serta lempeng akrilik dengan lampu LED RGB yang memeriahkan penampilan motherboard.

Z370 Aorus Gaming 7-OP menyediakan tombol onboard untuk Power On/Off, Reset, OC Button, dan Clear CMOS.

Z370 Aorus Gaming 7-OP menyediakan enam konektor SATA III 6 Gbps dengan posisi menghadap sisi samping.

Z370 Aorus Gaming 7-OP menyediakan tiga slot PCIe x16, tiga slot PCIe x1, dan tiga slot M.2 yang mendukung SSD PCIe ataupun SATA. Motherboard ini mendukung teknologi NVIDIA SLI dengan menggunakan dua buah graphics card serta AMD Crossfire dengan tiga buah graphics card. Tampak pada sisi sebelah bawah slot PCIe x16 ketiga sebuah Debug LED dua digit.

Gigabyte memadukan chip audio Realtek ALC1220 dengan ESS SABRE untuk kualitas reproduksi audio maksimal dengan tingkat SNR hingga 121 dB. Tentu saja motherboard ini juga didukung kapasitor audio khusus dari Wima dan Nichicon serta Creative Sound BlasterX 720˚ untuk kualitas audio maksimal di semua skenario penggunaan. Area komponen audio pun dipisahkan di area terpisah untuk meminimalisir interferensi listrik dari komponen lainnya.

Pada sisi panel belakang Z370 Aorus Gaming 7-OP dapat dijumpai konektor PS/2 Keyboard/Mouse, 5X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) dengan konektor kuning mendukung fitur USB DAC, 1X USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps) konektor merah, 1X Type-C USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps), 1X Display Port, 1X HDMI, 2X RJ45 (Gigabit Ethernet), 5X 3,5 mm audio jack, dan 1X Optical S/PDIF Out. Komponen konektor panel belakang tersebut dilengkapi shroud diatasnya sehingga tampak lebih rapi saat dilihat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES