in: News | June 10, 2018 | by: Irham

Hands-On Notebook Gaming Gigabyte AORUS X5-v8

Satu lagi produk yang dipamerkan di booth Gigabyte di ajang Computex 2018 adalah AORUS X5-v8. Tentunya ini merupakan perangkat notebook gaming terbaru dari Gigabyte untuk segmen gamer profesional. Perangkat ini hadir dengan spesifikasi menawan, sekaligus beragam fitur canggih yang mendukung aktifitas gaming penggunanya.

Secara desain, AORUS X5-v8 tentunya terlihat lebih ‘’garang’’ ketimbang Gigabyte Saber 15 yang kami hands-on sebelumnya. Laptop ini hadir dengan bodi lebih tipis tetapi mampu memberikan spesifikasi lebih tinggi. Lubang exhaust fan terletak di sisi samping dan belakang perangkat, memastikan udara panas terbuang dengan baik. Dimensi presisinya yaitu 390 (W) x 27,2 (D) x 22,9 (H) mm. Bobotnya pun tergolong ringan untuk spesifikasi yang ditawarkan yaitu hanya 2,5 kg.

Pada bagian penampang belakang layar, terdapat logo AORUS berhias lampu LED dengan cahaya putih yang menambah kesan elegan pada perangkat. Logo AORUS juga terdapat pada bagian touchpad. Lampu indikator lainnya terdapat di sisi kanan bagian depan yang menunjukkan kondisi baterai, sistem, dan Wi-Fi.

Perangkat ini dibekali dengan layar IPS 15.6″ FHD 1920×1080 144Hz, yang menampilkan warna dan tingkat kecerahan yang baik. Panel layar juga sudah mengantongi sertifikasi X-Rite™ Pantone, yang diklaim mampu memberikan warna yang dengan visualisasi paling natural. Dari sisi audio, perangkat ini dibekali dengan speaker bar stereo yang cukup besar yang membentang di bagian atas keyboard. AORUS X5-v8 sudah didukung dengan sistem audio Dolby Atmos untuk suara yang lebih megah. Selain itu AORUS X5-v8 juga dibekali dengan DAC Audio ESS Sabre Hi-Fi untuk kualitas reproduksi suara yang maksimal.

Notebook gaming AORUS X5 dibekali dengan prosesor Intel generasi terbaru (8th gen) yaitu Core i7-8850H, serta didukung dengan kartu grafis Nvidia GeForce® GTX 1070 GDDR5 8GB, yang tentunya juga sudah mengadopsi teknologi Nvdia Gsync untuk layarnya. Laptop ini menyediakan dua slot RAM SO-DIMM tipe DDR4 yang mendukung kapasitas hingga 32 GB dan kecepatan 2666 MHz. Adapun untuk storage, perangkat ini mendukung 3 storage system antara lain 1 x 2.5” HDD/2.5“ SSD dan 2 x M.2 SSD slots (Type 2280, supports 1 x NVMe PCIe & SATA/ 1 x NVMe PCIe).

Untuk konektor input dan output, AORUS X5-v8 memiliki antara lain 1x Thunderbolt 3.0, 1x HDMI 2.0, 1x mini DP 1.4, 1x RJ45, 3x USB 3.1 Gen.1 (Type-A) , 1x USB 3.1 Gen.2 (Type-A), 1x USB 3.1 Gen.2 (Type-C), 1x Audio Jack : Earphone (HiFi / SPDIF), 1x MIC in, 1x SD Card Reader (UHS-II), dan 1x DC Jack.

AORUS X5-v8 juga terlihat fancy dengan dukungan RGB backlit keyboard yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna dengan menggunakan aplikasi terpatri yaitu AORUS Fusion. Beragam model profil RGB backlit dapat anda pilih, dan juga dapat dikostumasi sesuai selera penguna.

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan aplikasi AORUS Command Control, yang memudahkan pengguna untuk mengendalikan pengaturan penuh pada perangkat. Beragam menu yang ada pada Command control mulai dari OC Gauge, Overclocked, Fan Control, DnD Mode, Volume, Brightness, Wi-Fi, Bluetooth, Monitr Switch, Pantone, hingga Charging Policy, yang memungkinkan pengguna mengontrol perangkat dengan satu kali klik.

Dari sisi konektivitas, AORUS X5-v8 juga dibekali dengan fitur Killer DoubleShot Networking yang secara pintar dapat mengatur prioritas aplikasi saat menggunakan jaringan. Wireless-AC 1535 (802.11ac, a/b/g/n compatible) dan Bluetooth 4.1 juga tersedia untuk koneksi nirkabel pengguna. AUROS X5-v8 juga langsung dibekali dengan OS Windows 10/Windows 10 Pro sehingga pengguna bisa langsung nyaman menggunakannya tanpa harus menginstal OS terlebih dahulu.

Gigabyte menyebutkan kalau perangkat ini juga akan segera diluncurkan secara resmi di pasar notebook tanah air. Diperkirakan perangkat ini akan diboyong di akhir Juni 2018 nanti. Meski demikian belum ada bocoran, berapa harga yang akan dipatok untuk pasar tanah air. AOURS X5-V8 sendiri dipasarkan secara global dengan kisaran harga 2700 USD atau sekitar Rp. 37 Jutaan. Harga yang tergolong wajar untuk mewahnya spesifikasi yang ditawarkan.

Tags: