in: News | June 18, 2018 | by: Irham

Hands-On Notebook Gaming Gigabyte AORUS X9 DT

Gigabyte, di ajang Computex 2018 pekan kemarin, sempat menampilkan beberapa line up produk notebook mereka. Namun ada satu produk yang sepertinya patut mendapat perhatian lebih. Produk andalan yang menjadi senjata pamungkas Gigabyte ini kali ini adalah AORUS X9 DT. Ini adalah notebook gaming kelas tertinggi, kelanjutan yang ditawarkan oleh Gigabyte yang tentunya membawa spesifikasi yang paling handal dibanding semua line up produk Gigabyte lain.

Untuk desain AORUS X9 DT membawa konsep yang masih terlihat mirip dengan saudaranya yang juga kami temui di booth Gigabyte di ajang Computex 2018 yaitu AORUS X5-v8. Namun perangkat yang satu ini datang dengan ukuran layar lebih besar yaitu 17.3 inci. Adapun dimensi yang dimilikinya yaitu 428(W) X 314(D) X 23.5-29.9(H) m. Bobot yang dimilikinya yaitu 3.59kg, dengan material yang digunakan yaitu berbahan aluminium.

AORUS X9 disebut-sebut sebagai notebook gaming pertama dengan layar 17.3 inci di dunia yang telah dibekali dengan empat buah fan dengan 8 buah heatpipe. Panel layar yang digunakan yaitu IPS FHD 1920×1080 144Hz. Perangkat ini juga disebut sebagai laptop gaming tertipis di dunia yang telah dibekali dengan keyboard mechanical switch. Tentunya AORUS X9 DT dibekali dengan RGB backlit keyboard yang membuatnya terlihat lebih “ngejreng”. RGB backlit keyboard memiliki 16,7 juta warna yang dapat dikustomasi secara langsung lewat AORUS Fusion. Lampu RGB juga terlihat di sisi bagian depan dan sisi belakang.

Dari sisi spesifikasi, perangkat ini memang sudah mengusung jeroan yang bisa dibilang sangat mantap. AORUS X9 DT disokong dengan prosesor (8th gen) Intel Core i9 8950HK (overclockable), dan kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX 1080 GDDR5x 8GB. Untuk RAM, perangkat ini menggunakan DDR4 2666MHz dengan tipe slot SO-DIMM yang dapat disematkan hingga 32 GB (2x 16GB). Sedangkan sistem penyimpanan tersedia dengan 3 slot yaitu 2 SSD M.2 (support PCIe NVMe Gen3 x4 SSD & SATA) + 1 HDD 2.5” up to 2 TB. Dengan spesifikasi yang tinggi ini, AORUS juga ditempatkan sebagai laptop multimedia yang mampu mengakomodir beragam aktivitas kerja berat.

Untuk input dan output, AORUS X9 DT dibekali dengan beberapa konektor antara lain 1x Thunderbolt 3.0, 1x HDMI 2.0, 1x mini DP 1.4, 1x RJ45, 2x USB 3.1 Gen.2 (Type-A), 1x USB 3.1 Gen.1 (Type-A), 1x USB 3.1 Gen.2 (Type-C), 1x Audio Jack : Earphone (HiFi / SPDIF), 1x MIC in, SD Card Reader (UHS-II), dan 1x DC Jack. Tentunya semua port ini berada di bagian sisi-sisi perangkat notebook.

Fitur-fitur andalan AORUS juga tentunya telah disematkan di notebook gaming premium yang satu ini. Mulai dari RGB backlit keyboard, X-Rite Pantone Display, Killer DoubleShot Pro dan juga sistem audio Dolby Atmos. Untuk audionya, perangkat ini sendiri dibekali dengan dua empat buah speaker (2 sub woofer) yang memberikan suara yang megah.

Sayangnya Gigabyte belum berencana membawa produk jagoan mereka yang satu ini ke tanah air. Harga produk yang satu ini sendiri sekitar 3900 USD atau sekitar Rp. 55 jutaan. Gigabyte mengkalim saat ini masih fokus untuk memperkenalkan produk notebook gaming mereka dengan harga yang lebih terjangkau seperti Sabre 15 GB dan juga AORUS X5 – v8.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES