Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home2/jagatrev/public_html/wp-includes/post-template.php on line 284
in: News | June 13, 2018 | by: Tim Jagat Review

IBM Hadirkan Superkomputer Summit Menggunakan 27.648 NVIDIA Volta GPU

IBM dan Nvidia dikabarnya tengah bekerjasama untuk menghadirkan superkomputer dan telah diperkenalkan ke publik dan diberi nama IBM Summit. Superkomputer tersebut kabarnya akan digunakan di Oak Ridge National Laboratory, dimana di lab tersebut akan terpasang total 27.648 NVIDIA Volta GPU.

Kerjasama dengan IBM ini sudah direncanakan sejak lama oleh Nvidia, dimana salah satu bentuk kerjasamanya adalah kehadiran arsitektur prosessor IBM Power 9 terbaru yang mendukung NVLink. Jalur bus NVLink memiliki kecepatan tinggi yang memungkinkan memasangkannya dengan banyak GPU dalam satu sistem, serta mampu menghadirkan bandwidth dan kemampuan lebih baik daripada PCIe.

IBM Summit dibangun menggunakan processor IBM Power 9 yang menawarkan dukungan Nvidia Tesla V100 yang hadir sebagai accelerator dan akan membantu processor dalam menangani tugas berat seperti kalkulasi matematika rumit, AI dan Machine Learning. Nvidia Tesla V100 juga didukung Tensor Core, sebuah unit terdedikasi yang diciptakan untuk kebutuhan AI dan Machine learning, sehingga memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan menggunakan GPGPU biasa.

Summit telah hadir sebagai superkomputer tercepat di dunia dan memiliki 8x performa lebih baik, 5x efisiensi yang ditingkatkan serta 4x jumlah Node yang lebih sedikit dibandingkan superkomputer Oak Ridge National Laboratory sebelumnya, Titan.

Superkomputer Summit akan digunakan untuk berbagai riset, mulai dari riset kanker, Fusion  Energy dan mencari pengobatan untuk penyakit seperti Alzheimer’s dengan teknologi AI. Summit juga direncanakan akan digunakan pada proyek lainya diluar  Oak Ridge National Laboratory.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES