in: News | June 25, 2018 | by: Tim Jagat Review

Intel Rencanakan Opsi Rebrand Chipset Z370 Menjadi Z390

Sebagaimana yang sudah dirumorkan sebelumnya, Intel dikabarkan tengah menyiapkan motherboard terbaru dengan chipset Z390 untuk mendukung processor Intel Core i 8th “Coffee-Lake” dengan 8 Core yang akan dirilis nantinya. Bahkan Intel sempat secara tidak sengaja merilis block diagram dari chipset Z390 beberapa waktu lalu yang sudah dihapus saat ini.

Dalam diagram yang tidak sengaja bocor tersebut, diberitakan chipset Z390 tidak banyak menghadirkan perbedaan dibanding Z370, selain terdapat tambahan fitur USB 3.1 gen2 dan Intel Wireless-AC.

Namun berita terbaru menyebutkan, Intel yang dirumorkan memberikan opsi kepada vendor untuk rebranding chipset Z370 menjadi chipset Z390 dikarenakan perbedaan fitur antara keduanya tidak begitu jauh. Selain dapat menggunakan alternatif kontroller pihak ketiga seperti dari ASMedia, vendor motherboard juga bisa menghadirkan motherboard Z390 dengan menggunakan VRM yang lebih baik untuk mendukung Intel Core i 8th “Coffee-Lake” 8 Core.

Tersiar juga bahwa opsi rebranding ini juga sempat dirumorkan terjadi karena chipset Z390 dibangun dengan fabrikasi 14nm, berbeda dengan chipset 300 lainya yang menggunakan 22nm. Namun Intel dikabarkan belum siap untuk memproduksi besar-besaran chipset Z390 dengan fabrkasi 14nm, mengingat masih digunakan untuk processor yang digunakan saat ini. Selain itu, belum ada keterangan resmi dari Intel sendiri terkait tersebar rumor mengenai opsi rebranding ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES