in: News | June 7, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Jajaran Casing Terbaru Corsair Tampil Memesona di Computex 2018

Berlokasi di Hotel Grand Hyatt, Taipei, Taiwan, Corsair menyediakan sebuah kamar khusus yang digunakannya untuk memamerkan jajaran produk terbaru Corsair di ajang Computex 2018. Sebagai salah satu produsen periferal gaming PC ternama dunia, Corsair tentunya terus melakukan inovasi-inovasi terbaik, khususnya pada jajaran casing terbaru yang mereka pamerkan kali ini.

Corsair kita ketahui juga memiliki beragam koleksi casing yang memiliki rancangan modern dan trendy. Pada ajang Computex 2018 kali ini, produsen ternama asal Amerika Serikat ini memboyong tiga seri koleksi casing terbaru yang bisa dikatakan tampil cukup memesona, di antaranya Corsair Obsidian 1000D, Corsair Crystal Series 280X dan Corsair Spec-Omega RGB. Penasaran seperti apa wujud dari semua casing terbaru dari Corsair ini? Berikut hasil penelusuran kami di showroom milik Corsair.

Corsair Crystal Series 280X

Casing Corsair pertama yang kami kunjungi adalah Corsair Crystal Series 280X. Casing ini dirancang dengan form factor Micro-ATX/mini-ITX dengan mengusung desain yang trendy. Di bagian depan, samping dan atas pada casing ini dilengkapi penutup dari material tempered glass. Corsair Crystal Series 280X tersedia dalam dua pilihan warna di antaranya hitam dan putih. Bagi Anda yang menyukai fitur lampu RGB, Corsair menyediakan paket penjualan versi Corsair Crystal Series 280X RGB.

Corsair Crystal Series 280X dirancang dengan terbagi dua ruangan. Casing ini mengusung desain managemen cable yang rapi. Hal tersebut bisa Anda lihat dari gambar di atas, penempatan power supply (PSU) dan Storage hardisk/SSD yang terletak di bagian belakang ruang penempatan motherboard. Meski mengusung desain low profile, casing ini tergolong cukup luas karena dapat Anda digunakan untuk pengaturan konfigurasi 2-ways SLI/CrossFireX dengan maksimal panjang graphics card 30 cm.

Casing ini juga tampaknya memiliki desain air flow yang sangat baik, seperti penempatan dua buah fan berukuran 120mm di bagian depan casing. Corsair Crystal Series 280X ini juga bisa menggunakan sistem pendingin CPU berupa radiator watercooling berukuran 240/280mm yang diletakan di bagian atas casing. Bagi Anda yang menyukai desain casing low profile, Corsair Crystal Series 280X ini tentu bisa menjadi pilihan yang sangat menarik.

Corsair Carbide Series Spec-Omega RGB

Selain menampilkan casing low profile terbaru, Corsair juga turut memboyong salah satu seri casing andalannya yaitu Carbide Series Spec-Omega. Casing ini sebenarnya sempat dipamerkan oleh Corsair pada ajang CES 2018 bulan Januari lalu. Namun sang produsen mem berikan penyegaran dengan meluncurkan Corsair Carbide Spec-Omega RGB pada Mei 2018 lalu. Dari desainnya tentunya tidak mengalami perubahan, namun casing dengan form factor mid-tower ini tampil lebih menarik.

Hadir dengan bertemakan RGB, Di bagian depan casing Spec-Omega RGB ini diberikan 30-LED RGB lightning strip. Tidak hanya itu, Corsair juga memberikan Corsair Lightning Node Pro pada casing ini untuk mengendalikan total 54 RGB LED, sehingga pengguna nantinya dapat mengatur banyak efek dan pola tata cahaya yang diinginkan. Corsair Lightning Node Pro ini juga dapat diatur melalui software RGB milik Corsair, yaitu Corsair iCUE.

Corsair Spec-Omega RGB diberikan material tempered glass di bagian depan dengan bentuk asymmetric. Pada bagian samping kiri juga Corsair memberikan penutup casing dari material tempered glass sehingga Anda bisa melihat isi dari casing ini. Mengenai desain air flow-nya, Corsair Spec-Omega dilengkapi dengan dua buah fan Corsair HD 120 RGB LED dan satu buah di bagian belakang. Casing ini juga bisa menampung radiator water cooling 360mm.

Corsair Obsidian Series 1000D

Corsair Obsidian Series 1000D bisa dikatakan sebagai salah satu koleksi casing premium dari Corsair. Casing ini sebenarnya sempat dikabarkan bocor di salah satu ritel ternama, yaitu Amazon, namun kini Corsair memboyong Obsidian Series 1000D di Computex 2018. Casing ini masih mengusung desain “super besar” sehingga mampu juga menampung motherboard dengan form factor hingga E-ATX. Corsair Obsidian Series 1000D dirancang dengan side panel tempered glass, baik di sisi depan, samping kanan dan kiri serta bagian atas.

Dari hasil penelusuran kami di showroom Corsair ini, Obsidian Series 1000D yang dipamerkan ini mengusung dua sistem pendingin berbasis cairan, baik untuk CPU dan juga graphics card-nya. Besarnya ukuran casing dari Corsair Obsidian Series 1000D ini dapat menampung 8 buah fan 120mm di bagian depan casing. Saat memamerkan Corsair Obsidian 1000D di Computex 2018 ini, pihak Corsair mengusung tag line “Stream It Better”. Artinya casing yang mampu mendukung sistem PC high-end ini ditujukan bagi mereka yang memiliki profesi sebagai gamer atau video editor.

Mengenai konfigurasi sistem pendinginnya, Corsair Obsidian 1000D ini kompatibel dengan pendingin Corsair di antaranya H55, H60, H80i, H90, H100i, H105 dan H110. Pada bagian atasnya, casing ini mampu menampung tiga buah fan berukuran 140mm dan bagian belakangnya dapat menggunakan dua buah kipas 120mm atau 140mm. Untuk penempatan radiator, Corsair Obsidian Series 1000D ini dapat menampung dua buah radiator berukuran 480mm di bagian depan. Untuk pemasangan radiator di bagian belakang, casing ini menampung satu buah radiator dengan ukuran 240mm, sedangkan bagian atasnya bisa menampung satu buah radiator 420mm. Bisa dikatakan casing ini memiliki sistem pendingin terbaik di kelasnya.

Tags: