Lenovo: Pentingnya Membangun Ekosistem Teknologi Produk atau Solusi di Balik Layar

Reading time:
June 15, 2018

Salah satu perusahaan besar yang hadir untuk berbincang di dalam keynote hari kedua dari CES Asia 2018 kali ini adalah Lenovo, di mana, walau tidak memperkenalkan teknologi konsumer yang terbaru, turut menjelaskan mengenai strategi serta prediksi di masa depan akan perkembangan teknologi terutama teknologi di dalam sebuah smartphone.

ces asia 2018 lenovo keynote 2

“Lenovo merupakan salah satu perusahaan yang memiliki fokus tidak hanya untuk kepentingan konsumer, tetapi juga turut membangun strategi untuk solusi pintar sekaligus beragam produk pintar lainnya bagi bisnis dan enterprise. Perkembangan teknologi komputer dan internet saat ini sudah sangat meningkat jauh dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan teknologi tersebut yang semakin bertumbuh dewasa, seluruh aspek akan meningkat pesat bersama-sama,” tutur Ablikim Ablimit, selaku Vice President for Strategy and Business Development, China Geo, Lenovo, dalam keynote siang yang berlangsung di Kerry Hotel, Shanghai.

Lenovo mengutarakan komitmen dan visi misinya dalam turut berkembang dalam memberikan berbagai solusi tepat guna bagi para konsumen dan enterprise, terutama memberikan layanan dan solusi pintar yang akan memiliki basis pengguna sebagai titik utamanya. Pihaknya percaya bahwa dengan teknologi yang bekerja di belakang yang sudah didesain sedemikian rupa, maka teknologi tersebut baru bisa dipergunakan dengan baik oleh para konsumen maupun enterprise.

“Untuk bisa memberikan jawaban bagi para pengguna, perlu untuk sebuah perusahaan untuk memfokuskan diri terhadap para penggunanya dan menaruh teknologi yang dibawanya tersebut di belakang sebagai pendukungnya. Seperti misalnya ekosistem Internet of Things (IoT), di mana ekosistem dan teknologi yang dibangun harus lebih dulu stabil dan berkembang dengan baik sebelum akhirnya bisa dipergunakan di tangan para konsumennya,” lanjut Ablimit. “Hal ini sama seperti dahulu internet, komputer maupun smartphone pertama kali diperkenalkan. Ketika hendak membuat sebuah produk teknologi baru, pihak pengembang harus lebih dulu membangun ekosistem beserta solusi tepatnya lebih dulu sebelum produk akhirnya sampai di tangan pengguna, sehingga para pengguna tak perlu khawatir ketika menggunakan solusi atau produk yang dimaksud.”

Lenovo telah memiliki ragam solusi dan produk yang bisa dipergunakan sekaligus menjawab kebutuhan para konsumen dan enterprise secara umum, seperti ekosistem dari SIoT yang mereka miliki, hingga produk pintar seperti Mirage AR Play yang sempat diperkenalkan lebih dulu di CES yang berlangsung di Las Vegas awal tahun 2018 kemarin. Yang cukup menarik, Lenovo secara tersirat telah memberikan bocoran akan perangkat mobile yang akan mendefinisikan smartphone Lenovo secara lebih baru, dengan memiliki semboyan “Everything on Display”, dan kemungkinan akan memberikan sistem dan teknologi baru seperti misalnya blockchain, teknologi AI, serta 5G.

ces asia 2018 lenovo keynote 1

“Blockchain tengah menjadi topik hangat saat ini, dan masalah keamanan data kerap menjadi isu besar di dalam teknologi It masa kini. Sekitar akhir tahun ini, Lenovo akan menghadirkan kembali sebuah smartphone terbaru, dengan kualitas terbaik namun memiliki harga yang cukup terjangkau untuk para konsumen kami. Smartphone ini akan memiliki sistem berbasis blockchain yang mampu menjamin keamanan data para penggunanya, yang juga didukung dengan kemampuan konektivitas 5G yang juga menjadi topik besar beberapa tahun belakangan ini,” jelas Chang Cheng, selaku Vice President Lenovo Group, Head Lenovo China Mobile Business Unit, dalam keynote yang sama.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai smartphone baru yang akan mereka hadirkan tersebut.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…