in: News | June 5, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Membuka Computex 2018, Intel Demokan Prosesor 28 Core Terbaru di Kecepatan 5 GHz!

Dalam presentasinya di hari pertama Computex 2018, Gregory Bryant, Senior Vice President dan General Manager, Client Computing Group, Intel Corporation, memberikan kejutan tidak terduga kepada penonton yang memenuhi ruang di TICC (Taipei International Convention Center). Ia mengatakan jika Intel sedang mempersiapkan produk prosesor terbaru mereka dengan konfigurasi 28 core dan 56 thread. Menariknya lagi prosesor misterius tersebut dikabarkan akan segera hadir di tahun 2018 ini juga meskipun belum menyebutkan tanggal yang pasti.

Akan tetapi hal tidak terduga terjadi di atas panggung. Intel telah memiliki sistem yang sudah siap mendemokan kemampuan prosesor 28 core tersebut. Dengan menggunakan aplikasi simulasi rendering 3D Cinebench R15 mereka memamerkan hasil benchmark luar biasa dengan perolehan 7334 poin. Sebelumnya hasil sefantastis itu biasanya hanya bisa didapatkan jika menggunakan sistem dengan dua soket prosesor atau lebih. Sistem di atas hanya menggunakan satu soket prosesor saja. Lebih mengejutkan lagi seluruh thread prosesor ternyata bekerja pada kecepatan 5 GHz/5000 MHz. Biasanya prosesor dengan jumlah core masif akan memiliki kecepatan kerja lebih rendah untuk menjaga tingkat TDP serendah mungkin.

Dapat dilihat pada gambar di atas sistem desktop yang digunakan Intel untuk mendemokan proesor 28 core mereka. Untuk komponen power supply tampak tidak ada yang aneh melihat bentuk kabel yang masih normal. Akan tetapi dua selang hitam dengan diameter semasif itu membuat kami penasaran sistem pendingin apa yang digunakan untuk mendinginkan prosesor dengan kemampuan seperti itu. Jika menggunakan liquid nitrogen atau freon, kami mempertanyakan tidak adanya bunga es atau asap putih disekitar sistem itu. Mungkinkah menggunakan liquid cooling? Dengan seluruh core prosesor bekerja di kecepatan kerja 5 GHz, memang tidak aneh jika dibutuhkan sistem pendingin khusus.

Belum diketahui apakah prosesor 28 core ini akan hadir dalam kemasan Intel Xeon yang dikhususkan untuk sever ataukah Intel Core i untuk konsumen pada umumnya. Dengan harga prosesor 18 core Core i9 7980XE di $1999, tidak dapat dibayangkan berapakah harga prosesor 28 core tersebut.

Tags: