in: News | June 17, 2018 | by: Tim Jagat Review

Microsoft Siapkan WhatsApp Versi UWP dengan FluentDesign

WhatsApp adalah aplikasi instant messaging cross-platform populer dengan banyak sekali pengguna. Aplikasi ini memang lebih umum digunakan di smartphone atau tablet, tetapi pengguna juga sering mengakses instant messaging ini dari web di desktop atau laptop, memanfaatkan WhatsApp Web, atau memanfaatkan aplikasi yang tersedia. Namun, kini, bekerja sama dengan WhatsApp, Microsoft disebut tengah menyiapkan aplikasi WhatsApp dalam bentuk aplikasi Universal Windows Platform (UWP), dengan FluentDesign.

Kabar ini muncul setelah konsep desain WhatsApp UPW dari Behance, desainer yang dipercaya Microsoft untuk merancang tampilan FluentDesign WhatsApp, beredar di Internet. Penggunaan tampilan FluentDesign sendiri akan membuat aplikasi WhatsApp UWP ini akan memiliki tampilan kurang lebih serupa dengan aplikasi UWP lain. Selain itu, karena dikembangkan untuk UWP, aplikasi ini akan bisa berjalan di berbagai produk dengan Windows 10.

Microsoft menyebutkan berbagai fitur WhatsApp tetap akan hadir pada versi UWP ini, seperti video call, voice call, emoticon dan berbagai fitur lainya. Selain itu, WhasApp juga akan terintregrasi dengan beberapa fitur Windows 10 seperti Ink yang bisa digunakan untuk menggambar langsung melalui kolom chat. Sayangnya, belum ada keterangan apakah WhatsApp UWP ini akan bisa beroperasi secara stand-alone, dalam artian tidak membutuhkan WhatsApp aktif di smartphone, atau hanya sebagai perpanjangan layanan saja seperti WhatsApp Web.

Belum diketahui kapan versi final aplikasi ini akan dirilis. Sebelumnya, Microsoft juga menjalin kerja sama untuk menghadirkan instant messaging ke Windows 10 dalam UWP. Aplikasi itu adalah Facebook Messenger, yang juga dimiliki oleh Facebook, induk dari WhatsApp.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES