NAS Synology Hadirkan Multimedia Canggih di Rumah dengan Mudah

Reading time:
June 9, 2018

Banyak yang beranggapan bahwa NAS itu hanya sekadar sebuah tempat untuk menyimpan data, seperti layaknya sebuah harddisk eksternal, yang sulit dibawa ke mana-mana karena punya ukuran yang besar. Di satu sisi, anggapan itu tidaklah salah, karena memang itulah salah satu fungsi utama dari NAS. Namun, di sisi lain, hal itu menunjukkan bahwa pemahanan terkait NAS masih belum benar. Karena itu, Synology, sebagai perusahaan ternama di bidang NAS, mencoba memberikan demo yang menunjukkan berbagai fungsi ekstra dari NAS, termasuk sebagai pusat dari sistem multimedia di rumah.

20180607 145752

NAS Synology: Bisa Jadi Pusat Multimedia Rumah

Sejak lama, NAS Synology telah dibekali dengan sistem operasi yang sangat canggih, DiskStation Manager, yang menawarkan berbagai paket gratis yang akan memperluas fungsi NAS, dari sekedar menyimpan data, menjadi bisa melakukan berbagai hal lain. Namun, di booth mereka kali ini, mereka ingin fokus di kemampuan multimedia. Oleh karena itu, demo yang mereka bawa semuanya terkait dengan paket di DSM yang menawarkan kemampuan multimedia, yaitu Video Station dan DS Video, Photo Station, Moments, dan Audio Station.

Video Station: Bangun Server Streaming di Dalam Rumah

Memanfaatkan paket bernama Video Station yang bisa didapatkan secara gratis di DSM, NAS Synology bisa berubah menjadi sebuah server multimedia, sehingga pemiliknya bisa menonton video yang tersimpan di dalam NAS melalui perangkat lain dengan cara streaming, tanpa harus mengkopi file ke perangkat terlebih dahulu, mirip seperti streaming video dari Internet. Hal ini akan sangat membantu, karena pengguna hanya perlu menyimpan file video di NAS saja, dan file bisa ditonton dari smartphone, tablet, laptop, desktop, bahkan smart television.

20180607 143728
Video Station memungkinkan pengguna mengelola file-file video, menyimpan info-info penting terkait film, dan juga melakukan streaming ke perangkat lain, bahkan hingga resolusi 4K

Video Station ini tidak hanya menawarkan kemampuan streaming saja, tetapi juga manajemen file video yang ada di dalam NAS. Untuk file-file video film, Video Station bahkan bisa mencari data terkait film yang bersangkutan di Internet, dan menampilkan data tersebut secara lengkap sebagai keterangan video, dalam berbagai bahasa. Selain itu, pengguna juga bisa meletakkan video secara terstruktur, dikelompokkan sesuai jenis video, sehingga mempermudah pencarian saat akan melakukan streaming dari perangkat lain.

20180607 143821
Melalui Video Station dan aplikasi DS Video di smart television, streaming bahkan bisa dilakukan dari NAS ke TV

Kemampuan streaming video di NAS Synology sendiri sudah sangat mutakhir. Di beberapa tipe NAS, video hingga 4K UHD pun sudah bisa di-stream ke perangkat lain, berkat kemampuan hardware NAS yang digunakan Synology. Tentu saja, dengan fitur yang ditawarkan Video Station ini, pemilik NAS Synology bisa memiliki sebuah server video yang sangat handal di rumah.

Photo Station: Kelola Foto-Foto Koleksi Secara Profesional

Paket lain yang ditawarkan, yang terbilang menarik untuk penggunaan di rumah, adalah Photo Station. Fitur yang ditawarkan memungkinkan semua foto yang tersimpan di NAS ditampilkan dalam satu tempat yang mudah diakses, bahkan secara online sekalipun. Ini tentu saja akan sangat memudahkan bagi pengguna, terutama yang memiliki banyak sekali koleksi foto.

20180607 143658
Photo Station dilengkapi dengan fitur yang membuatnya bisa membagikan foto bahkan melalui Internet, dengan sangat mudah

Selain membantu pengguna mengakses koleksi foto mereka di mana saja, selama terhubung ke Internet, Photo Station ini juga dapat digunakan untuk mendukung profesi yang banyak terkait dengan file foto dan gambar, misalnya untuk fotografer atau desainer. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membagikan folder foto tertentu ke pihak lain, dengan perlindungan password dan tanggal kadaluarsa shared folder. Melalui kemampuan tersebut, seorang fotografer misalnya, akan bisa membagikan foto-foto ke pihak lain dengan sangat mudah, tanpa perlu repot meng-upload foto-foto itu ke Internet terlebih dahulu,

Moments: Kelompokkan Foto Secara Pintar

Masih terkait dengan kemampuan mengelola foto, Synology juga menyediakan paket Moments. Synology menunjukkan beda antara paket ini dengan Photo Station, di mana fungsi dari paket ini lebih ke pengelompokan foto ke folder-folder virtual yang memudahkan pengguna mencari foto yang mereka inginkan dengan cepat. Misalnya, paket ini bisa mengelompokkan foto dari tanggal foto diambil, tempat foto diambil dengan menganalisis GPS tag dari foto, serta kemampuan pengelompokan foto berdasarkan machine learning.

20180607 143043
Moments bisa mengenali wajah di foto dan mengelompokkan foto berdasarkan wajah sama yang ada di dalamnya.

Pengelompokan foto berdasarkan machine learning di NAS Synology pun bisa dilakukan dalam beberapa klasifikasi, seperti berdasarkan warna ambient foto, objek utama foto, bahkan hingga orang yang ada di dalam foto. Jadi, NAS akan mempelajari terlebih dahulu foto-foto yang ada, dan menampilkan foto-foto tersebut berdasarkan klasifikasi yang ada, sesuai dengan hasil dari machine learning yang dilakukan. Menariknya, fitur pencarian untuk folder virtual tempat Moments mengelompokkan foto pun bisa dilakukan.

Audio Station

Paket terakhir yang ditampilkan Synology untuk kapabilitas multimedia server di rumah, dengan basis NAS, adalah Audio Station. Seperti yang bisa ditebak dari namanya, fungsi yang diusung paket ini tentu saja adalah untuk melakukan streaming file audio. Jadi, file audio, seperti halnya video di Video Station, bisa di-stream ke perangkat lain dengan sangat mudah.

20180607 1438212

Menariknya, Audio Station ini juga kompatibel dengan perangkat speaker pintar yang mendukung Amazon Alexa. Pengguna yang memiliki speaker Amazon Alexa bisa meminta sistem untuk memutar lagu yang tersimpan di NAS, melalui Audio Station. Ini membuat pengguna bisa memutar audio hanya dengan menggunakan perintah suara, tanpa perlu memasukkan input secara manual ke perangkat yang akan digunakan untuk memutar audio.

Lebih dari Sekadar Menyimpan File

Hadirnya fitur-fitur pendukung multimedia server tersebut merupakan nilai lebih yang ditawarkan Synology untuk pengguna NAS mereka. Jadi, pengguna NAS Synology tidak hanya mendapat tempat menyimpan file di jaringan lokal mereka, tetapi juga perangkat yang menawarkan fitur lebih, yang bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan berbagai kemudahan. Tentu saja, melalui demo di booth mereka di Eslite Xinyi Store, salah toko di area pusat perbelanjaan di pusat kota Taipei, Synology berharap pengguna NAS Synology bisa memanfaatkan fitur lebih yang ada di NAS yang mereka miliki.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…