in: News | June 29, 2018 | by: Tim Jagat Review

PCIe 3.0 Switch Terbaru ASMedia Hadirkan 4x SSD NVMe di Motherboard

Tren penggunaan SSD M.2 dengan antarmuka PCIe NVMe boleh dibilang saat ini sedang meningkat. SSD yang memanfaatkan antarmuka tersebut menawarkan kecepatan tinggi dengan bentuk compact. Namun dikarenakan SSD tersebut menggunakan PCIe Lanes dari processor atau chipset motherboard, seringkali vendor motherboard membatasi slot PCIe M.2 dengan satu atau dua slot saja.

Bagi pengguna yang menginginkan slot lebih banyak biasanya mereka diharuskan menggunakan prosesor kelas HEDT seperti AMD Threadripper atau Intel Core i Extreme Series yang jauh lebih mahal. Akan tetapi, ASMedia dikabarkan memiliki solusi baru dengan merilis chipset PCIe 3.0 Switch ASM2824 terbaru. Chipset tersebut memungkinkan vendor motherboard dapat menghadirkan 4 slot PCIe M.2 sekaligus.

ASMedia menyebutkan chipset tersebut akan menggunakan PCIe Lanes x8 dari processor atau chipset Intel Core i7 dan mengubahnya menjadi 4 slot PCIe M.2 NVMe dengan masing-masing memakai PCIe Lanes x4. ASMedia menyebutkan saat dalam mode RAID, menghadirkan total bandwidth hingga 6500 MB/s.

Prototipe Motherboard dengan ASMedia ASM2824

ASMedia juga telah hadirkan perangkat prototipe motherboard dengan  konektor PCIe x8 dan dilengkapi empat SSD yang sudah terpasang ke PC dengan processor Intel Core i7.

Saat dalam mode RAID mampu hadirkan performa untuk kecepatan Read hingga 6742 MB/s serta kecepatan Write hingga 6259 MB/s. Belum ada info produsen motherboard manakah yang akan menggunakan chipset tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES