in: News | June 21, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Produksi Chip DRAM Samsung & SK Hynix Masih Belum Stabil

Dua produsen chip memori ternama dunia dari Korea Selatan, Samsung dan SK Hynix, dikabarkan masih mengalami kesulitan dengan lini produksi chip DRAM terbaru mereka. Produksi chip DRAM 18 nm sejauh ini disebut belum optimal, memberikan hasil yang masih jauh dari yang diharapkan. Hal tersebut akan membuat pasokan chip DRAM terlambat ke beberapa pihak yang membutuhkan pasokan chip DRAM dalam jumlah besar.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Samsung dan SK Hynix harus menyempurnakan lagi proses produksi chip DRAM 18 nm mereka. Namun, proses penyempurnaan itu disebut akan membutuhkan waktu. Setidaknya, proses tersebut membutuhkan waktu setidaknya satu hingga dua bulan ke depan.

Sejauh ini, dampak paling besar dari masih belum stabilnya produksi chip DRAM 18 nm ini disebut lebih terasa di bidang server dan data center. Chip DRAM untuk server dan data center harus benar-benar memiliki kualitas yang sangat tinggi. Hal ini tampaknya terkait dengan kestabilan sangat tinggi yang mutlak dibutuhkan di server dan data center.

Sementara untuk PC, chip DRAM 18 nm dari Samsung dan SK Hynix ini, walaupun produksinya masih belum stabil, disebut masih bisa digunakan setidaknya untuk segmen tertentu. Kondisi ini membuat keterbatasan pasokan chip DRAM hanya terjadi untuk server dan data center, bahkan disebutkan juga beberapa perusahaan terpaksa harus kembali memesan chip 20 nm untuk mengatasi kurangnya pasokan. Beberapa disebut juga meminta Samsung dan SK Hynix untuk menunda pengiriman chip DRAM 18 nm hingga produksi yang stabil bisa dicapai.

Tags: