in: News | June 12, 2018 | by: Tim Jagat Review

Terima Banyak Pesanan, TSMC Percepat Pengembangan 7nm dan 7nm+

TSMC yang merupakan produsen semikonduktor asal Taiwan dikabarkan telah mendapat pesanan dari banyak vendor. TSMC tengah mempercepat pengembangan dari produksi fabrikasi terbaru 7nm, serta mempersiapkan juga pengembangan untuk versi optimalisasi yakni 7nm+.

TSMC seperti kita ketahui merupakan produsen wafer, bahan baku dari microprocessor untuk beragam vendor, mulai dari Apple, NVIDIA, Qualcomm, Mediatek hingga Hisillicon. Dalam sesi acara investor meeting, TSMC menyatakan akan mempercepat pengembangan produksi dari fabrikasi 7nm yang hadir dengan codename N7 dan ditargetkan akan tersedia pada kuartal ke-empat 2018.

Selain itu, TSMC juga memulai persiapan untuk pengembangan dari versi optimalisasi N7 yakni N7 Plus yang kemungkinan akan memiliki nama resmi 7nm+. TSMC N7 Plus akan mengadopsi teknologi EUV serta akan mulai tersedia pada tahun 2019, walau tidak disebutkan kapan waktu pastinya.

Dalam rapat tersebut juga disebutkan produksi fabrikasi yang terbaru yakni 10nm ternyata mendapat banyak dukungan vendor mulai dari Apple hingga beberapa produsen FPGA meski jangka waktunya pendek hanya satu tahun. Begitu juga untuk fabrikasi 12nm yang merupakan versi improvisasi dari 16nm, mendapatkan pesanan dari Mediatek dan menorehkan kuota 19% dari total produksi TSMC. Namun dengan kehadiran 7nm ditargetkan dapat menurun ke 10% pada akhir tahun.

Tags: