in: News | July 17, 2018 | by: Tim Jagat Review

Apple Hadirkan eGPU untuk MacBook Pro dengan Radeon Pro 580

Apple dikabarkan telah bekerjasama dengan BlackMagic Design dalam merilis GPU eksternal (eGPU). Perangkat yang diberi nama Blackmagic eGPU dihadirkan untuk MacBook Pro. Apple mengklaim kalau eGPU tersebut mampu menawarkan peningkatan performa hingga 7x dalam DaVinci Resolve 15 untuk MacBook Pro 2018 13 inch, serta 2x performa lebih baik untuk MacBook Pro 15 inch.

Blackmagic eGPU dilengkapi dengan kartu grafis Radeon Pro 580 yang merupakan versi khusus untuk Apple. Kartu grafis tersebut menggunakan chip GPU Polaris dengan 36 Compute Unit dan video memory (VRAM) 8GB 256 bit GDDR5. Selain itu, Radeon Pro 580 telah mendukung Metal API terbaru dari Apple sebagai pengganti dari OpenGL untuk game dan compute.

Selain berfungsi sebagai eGPU, perangkat ini juga dapat dijadikan sebagai adapter untuk mengisi daya MacBook Pro melalui konektor Thunderbolt 3. Konektor tersebut menyediakan suplai daya hingga 85W, sehingga pengguna akan tetap bisa melanjutkan aktivitas tanpa cemas akan kehabisan baterai.

Tidak hanya untuk mengisi daya perangkat MacBook Pro saja, pengguna juga bisa menjadikan Blackmagic eGPU sebagai dock tambahan. Perangkat ini menyediakan dukungan 2x port Thunderbolt 3 dan 4x port USB 3.1 yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat gadget dan mentransfer data, serta 1 port HDMI 2.0 yang mendukung monitor resolusi hingga 4K @30 FPS.

BlackMagic eGPU saat ini sudah tersedia di Apple Store dan dijual dengan harga US$ 699.

Tags: